Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Kabut Asap yang Landa Aceh Ganggu Penerbangan

Kompas.com - 08/09/2019, 13:09 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Kabut asap kiriman dari Provinsi Riau, menyelimuti sejumlah daerah di Provinsi Aceh seperti Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, Minggu (8/9/2019).

Badan Metreologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kantor Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, menyatakan, dampak dari kabut asap itu berpengaruh ke jarak pandang dan dapat menganggu penerbangan.

Baca juga: Kabut Asap, Disdik Sumsel Kaji Mundurkan Jam Sekolah

Prakirawan BMKG Kantor Bandara Malikussaleh, Winda Retha Taranita, menyebutkan, jarak pandang mendatar saat ini di Lhokseumawe sekitar 4.000 meter dan jarak pandang ke atas sekitar 700 meter.

“Untuk kegiatan penerbangan cukup mengganggu mengingat jarak pandang horizontal dan vertikal yang cukup pendek. Kami sudah sampaikan kondisi itu ke pengelola bandara dan maskapai, keputusan terbang atau tidak pesawat tentu berada di tangan masing-masing maskapai,” sebut Winda, Minggu.

Dia menyebutkan, di Aceh hari ini tidak terpantau titik panas. Sehingga, dipastikan, kebakaran lahan di Riau menjadi penyebab kabut asap yang menyelimuti daerah itu.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Gubernur Kalbar soal Kabut Asap Kebakaran Lahan

Untuk masyarakat, sambung Winda, BMKG mengimbau berhati-hati dalam berkendaraan, seiring potensi menurunnya jarak pandang.

“Kami menganjurkan untuk menggunakan masker ketika melaksanakan aktivitas di luar ruangan, serta banyak minum air saat beraktivitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com