165 Raja Akan Berkumpul di Istana Datu Luwu Palopo

Kompas.com - 07/09/2019, 18:30 WIB
Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII tahun 2019 kembali digelar tahun ini yang dipusatkan di Kota Palopo sebagai lokasi berkedudukan Istana kedatuan Luwu. FKN ini akan dimulai Senin (09/09/2019) hingga Jumat (13/09/2019), selain Kota Palopo daerah sekitarnya juga mendapat bagian, Sabtu (07/09/2019) . KOMPAS.com/MUH AMRAN AMIRFestival Keraton Nusantara (FKN) XIII tahun 2019 kembali digelar tahun ini yang dipusatkan di Kota Palopo sebagai lokasi berkedudukan Istana kedatuan Luwu. FKN ini akan dimulai Senin (09/09/2019) hingga Jumat (13/09/2019), selain Kota Palopo daerah sekitarnya juga mendapat bagian, Sabtu (07/09/2019) .

PALOPO, KOMPAS.com – Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII 2019 akan digelar di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Acara yang digelar tahunan ini akan dipusatkan di Istana Kedatuan Luwu. FKN ini akan dilangsungkan pada 9-13 September 2019.

Sekretaris Panitia FKN Suedi mengatakan, hingga hari ini, Sabtu (7/9/2019), jumlah raja yang memberi konfirmasi kehadiran sebanyak 165 orang.

Para raja tersebut berasal dari dalam negeri dan Malaysia. Saat ini, sejumlah raja telah hadir di Kota Palopo.


“Beberapa raja telah hadir di Kota Palopo antara lain Raja Bima, Raja Tallo, Raja Kutai dan Kesultanan Jogjakarta, Raja Ternate, Raja Kerajaan Lembah Palu, sementara yang lain masih terus berdatangan,” kata Suedi saat dikonfirmasi, Sabtu.

Baca juga: Tiba di Yogyakarta, Raja Malaysia Diajak Sri Sultan Lihat Batik hingga Tarian Lawung

Menurut Suedi, Festival Keraton Nusantara hari ini didahului dengan acara perjamuan adat di Istana, pembukaan pameran ekonomi kreatif, dan pentas seni budaya.

Acara pentas seni budaya akan menampilkan kesenian tradisional dan modern oleh para seniman lokal dan nasional.

Selain itu, ada pameran ekonomi kreatif, festival kopi dan jajanan khas. Kemudian, pameran benda pusaka dan pameran Foto.

Beberapa acara inti budaya dalam FKN ini yakni pesta rakyat bersama seluruh raja, kirab keraton, maccera tasi, dan musyawarah agung.

Selain itu, pagelaran seni keraton, dialog budaya, festival kuliner manre saperra dan kunjungan wisata ke Toraja.

“Rangkaian kegiatan ini dipusatkan di area Istana Kedatuan Luwu Kota Palopo dan beberapa acara lainnya dilangsungkan di Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu, dan tur wisata Toraja Utara,” ujar Suedi.

Sementara itu, Wali Kota Palopo Judas Amir mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut andil dalam menyukseskan FKN Tana Luwu pada 7-13 September 2019 mendatang.

“Mari kita berinisiatif, apapun posisi kita untuk ambil bagian dalam FKN ini. Kita tentu berharap, pelaksanan FKN ke-13 di Palopo bisa berjalan sesuai harapan kita dan terlebih lagi harapan tamu-tamu kita,” tutur Judas Amir.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X