Mobil Esemka Bima, Harga di Bawah Rp 100 Juta hingga Bisa Diubah Jadi Angkot

Kompas.com - 06/09/2019, 16:22 WIB
Mobil ESEMKA KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoMobil ESEMKA
Editor Rachmawati

KOMPAS.com - Nama Esemka melejit saat Joko widodo menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kala itu Joko Widodo sempat menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan dinasnya.

Esemka berawal dari Sukiyat, seorang seorang pemilik bengkel Kiat Motor yang memberi gagasan untuk membuat sebuah mobil.

Sukiyat sering membantu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bidang otomotif di wilayah Solo dan Jawa Tengah.

Setelah melalui perjalanan panjang akhirnya mobil Esemka diluncurkan.

Baca juga: Ini Komentar Jokowi Saat Jajal Kiat Esemka 2012 dan Esemka Bima 2019

Pada Jumat (6/9/2019), Presiden Jokowi meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menjajal mobil pikap Esemka Bima berwarna putih. Jokowi mengatakan meski baru produksi pertama, kualitas Esemka Bima dinilai sudah cukup baik.

"Kalau ada kurang-kurang dikit, ya namanya juga pertama. Tapi sudah sangat bagus untuk produksi pertama," ungkap Jokowi.

Baca juga: Jokowi Saat Jajal Esemka: Kalau Ada kurang-kurang Dikit, Namanya Juga Pertama

Lolos uji tahun 2018

Pada Mei 2015 mobil Esemka sudah dalam proses perizinan produksi di Kementerian Perindustrian. Dikuartal IV 2016, sempat disebut mobil Esemka akan banyak beredar di Indonesia.

Saat itu produksi sudah mulai dilakukan di pabrik di Bogor, namun belum untuk dikonsumsi secara massal.

Pada tahun 2018, dua tipe mobil Esemka lolos uji emisi dan lolos uji tipe kendaraan, yakni tipe Bima 1.0 dan 1.3 L untuk mobil barang, serta tipe Garuda I 2.0 untuk mobil penumpang.

Untuk tahap awal Esemka fokus memproduksi kendaraan niaga ringan yakni Bima 1.2 dan 1.3 yang sama-sama menggunakan mesin bensin,

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X