BMKG "Warning" Gelombang Laut Tinggi di Perairan Bintan, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas

Kompas.com - 06/09/2019, 15:23 WIB
BMKG Warning Gelombang Tinggi di Perairan Kepri BMKG Hang NadimBMKG Warning Gelombang Tinggi di Perairan Kepri

BATAM, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Kantor Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) kembali mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang sedang melanda wilayah Kepri.

Terutama gelombang laut yang saat ini sangat mengkhawatirkan, mulai dari perairan Kabupaten Bintan, Karimun, Lingga, Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Prakirawan Station Meteorologi BMKG Hang Nadim, Rizky F Widowati mengatakan, peringatan ini hingga hingga tiga hari kedepan.


Baca juga: BMKG: Gelombang Laut Capai 6 Meter, Nelayan Diimbau Tak Melaut

Di mana tinggi gelombang mencapai 2,5 meteran, bahkan perairan Batam yang biasanya landai, 3 hari kedepan juga diperkirakan ekstrem.

"Dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terungkap pola angin di wilayah Indonesia bagian tenggara, barat daya dan selatan dengan kecepatan 5-30 knot," kata Rizky, saat dihubungi, Jumat (6/9/2019).

Untuk perairan Natuna, terpantau tinggi gelombang mencapai 2 meteran, sedangkan perairan Anambas mencapai 2,5 meteran.

Kemudian, perairan Kabupaten Lingga mencapai 2,5 meter, perairan Tanjungpinang dan Bintan 2,5 meter, serta perairan Karimun mencapai 1,5 meter.

"Sementara periaran Batam tinggi gelombang mencapai 1 meter," ujar dia.

Rizky mengatakan, untuk prakiraan kelembaban udara pada lapisan atas relatif rendah, didukung dengan keceptan angin yang tinggi sehingga hal ini menjadikan potensi pembentukan awan di wilayah Kepulauan Riau menjadi kurang signifikan.

Secara umum, kondisi cuaca hari ini hingga tiga hari kedepan diprakirakan cerah hingga berawan namun masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X