Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Jokowi Jajal Kiat Esemka 2012 dan Esemka Bima 2019...

Kompas.com - 06/09/2019, 15:11 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Dulu saat masih menjabat Wali Kota Surakarta, Jokowi sempat menyakini bahwa mobil Kiat Esemka rakitan anak-anak SMK dan teknisi di Solo akan menjadi kebanggaan Indonesia. 

Saat itu, sekitar tahun 2012, Jokowi bahkan rela mengganti mobil dinasnya dengan mobil Kiat Esemka tipe sport utility vehicle. 

Jokowi bahkan memerkan keunggulan mobil Esemka produk pertama itu kepada rekan-rekan wartawan. 

"(Silakan) naik sendiri, cek sendiri, interiornya, (body) samping, cat mulus, mesinnya halus. Apalagi? AC-nya dingin. Harganya murah, cuma Rp 90 juta," kata Jokowi saat itu.

Baca juga: Resmikan Pabrik Esemka, Presiden Jokowi: Ini Merek Kita Sendiri

Seiring berjalannya waktu, pada 2019 bulan September, Jokowi akhirnya meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah. 

Lagi, Jokowi pun menjajal mobil produk PT Esemka, yaitu pick up Esemka Bima 1.200 cc warna putih. Saat itu Jokowi didamping Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Setelah itu, Jokowi pun mengatakan, mobil Esemka akan laku keras dan mampu bersaing dengan mobil pabrikan lainnya.

"Feeling saya laku keras," katanya.

Seperti diketahui, mobil pick up Esemka Bima yang dijajal Jokowi dan Airlangga dibanderol dengan harga Rp 95 juta off the road. Harga tersebut, kata Jokowi, cukup kompetitif di pasaran otomotif saat ini.

Joko Widodo, saat masih menjabat Wali Kota Solo, menerima mobil jenis sport utility vehicle (SUV) produksi siswa sekolah menengah kejuruan di Kota Solo, bekerja sama dengan Kiat Motor, Klaten, Senin (2/1/2012). KOMPAS/SRI REJEKI Joko Widodo, saat masih menjabat Wali Kota Solo, menerima mobil jenis sport utility vehicle (SUV) produksi siswa sekolah menengah kejuruan di Kota Solo, bekerja sama dengan Kiat Motor, Klaten, Senin (2/1/2012).
Sementara itu, dalam pidatonya Presiden Jokowi kembali mengingatkan bahwa mobil Esemka merupakan karya anak bangsa Indonesia sendiri yang dirintis oleh para siswa SMK di Solo dan teknisi-teknisi handal.

"Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi, dalam peresmian di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Baca juga: Jajal Esemka Bima, Presiden Jokowi: "Feeling" Saya Laku Keras

Namun demikan, Jokowi mengakui bahwa produk pertama pasti memiliki kekurangan, tapi secara umum kualitas mobil pick up Esemka Bima sudah cukup baik.

"Kalau ada kurang-kurang dikit, ya namanya juga pertama. Tapi sudah sangat bagus untuk produksi pertama," ungkap dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Airlangga, yang ikut bersama Jokowi menjajal mobil tersebut. 

"Nyetirnya enak, Presiden nyaman," kata Airlangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com