KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Hijaukan Semarang, Wali Kota Hendi Gandeng Startup untuk Gerakan Masyarakat

Kompas.com - 05/09/2019, 22:00 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menggandeng startup LindungiHutan.com untuk bisa membantu Pemerintah Kota Semarang menggerakkan partisipasi masyarakat dalam menghijaukan Kota Semarang.

Bukan tanpa alasan startup asal Kota Semarang itu dipilih. Ini karena LidungiHutan.com telah berpengalaman lebih dari dua tahun mengupayakan penghijauan pada berbagai daerah di Indonesia.

Adapun di Semarang, LindungiHutan.com sendiri telah berkontribusi menanam sekitar 20.000 bibit tanaman hingga saat ini.

Meski sudah berpengalaman, startup ini mengaku membutuhkan bantuan Wali Kota Hendi— panggilan Hendrar Prihadi—dalam program penghijauan.

Operation Manager LindungiHutan.com, Aminul Ichsan mengakui keterlibatan Hendi dalam kampanye penghijauan dapat menjadi daya ungkit, sehingga diyakini mampu lebih luas mengundang partisipasi.

Baca juga: Wali Kota Hendi Apresiasi Warga Semarang Gelar Festival Kali Tenggang

"Salah satu hal yang sangat dibutuhkan jelas tokoh-tokoh masyarakat yang bisa mencontohkan langsung terkait hal ini, sehingga lebih banyak masyarakat yang tergerak," ujar Aminul, di Semarang seperti dalam keterangan tertulisnya.

Ia pun meminta masyarakat untuk perpartisipasi dalam kampanye penghijauan Kota Semarang melalui LindungiHutan.com. Di website itu mereka kemudian bisa mencari laman kampanye #DonasiPohonSemarang.

Di sisi lain, LindungiHutan.com pun membuka jalur Business to Business (B2B) bila ada pihak yang ingin berpartisipasi melalui instansi tertentu.

Menariknya, tak hanya donasi dalam bentuk materi, LindungiHutan.com juga memfasilitasi masyarakat yang ingin terlibat langsung dalam upaya penanaman bibit dengan mendonasikan tenaganya.

""Sebagai crowd planting, LamanHutan.com ini dapat menjadi sebuah wadah pembuktian kepedulian masyarakat," tambah Aminul.

Baca juga: Hadapi Cuaca Panas, Wali Kota Semarang Galakkan Gerakan Penghijauan

Di sisi lain Wali Kota Hendi meminta agar penghijauan langsung bisa dimulai dari tingkat RT, RW hingga kelurahan.

"Di sana tentukan titik-titik mana saja yang bisa ditanami bibit, karena saya akan mengepul bibit untuk kemudian kita lakukan penanaman secara masif," kata Hendi.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Hendi saat berdialog dengan masyarakat di Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Kamis (5/9/2019).

Dirinya menegaskan jika besarnya semangat kontribusi masyarakat menjadi modal yang penting dalam kesuksesan pembangunan Kota Semarang saat ini.

Untuk itu selain penghijauan yang akan dilakukan oleh Pemkot Kota Semarang, dirinya juga mengharapkan adanya partisipasi masyarakat dalam upaya tersebut.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com