Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ke-3 Panglima TNI dan Kapolri di Papua, Situasi di Jayapura Makin Kondusif

Kompas.com - 05/09/2019, 19:02 WIB
Dhias Suwandi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sejak 3 September 2019 sudah berada di Jayapura, Papua.

Memasuki hari ke-3 keberadaan dua sosok jenderal berbintang empat tersebut berhasil memberikan dampak psikologi yang positif bagi masyarakat.

"Keberadaan Kapolri dan Panglima TNI bentuk kesungguhan negara untuk memberikan jaminan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Kabid Hunas Polda Papua Kombes Pol AM. Kamal, di Jayapura, Kamis (5/09/2019).

"Terbukti, situasi keamanan berangsur kondusif dan masyarakat mulai melakukan aktifitasnya seperti biasa," sambungnya.

Baca juga: Fakta Kapolri dan Panglima TNI Berkantor di Jayapura, Beri Jaminan Keamanan hingga Cek Kesiapan Pasukan

Hal yang sama disampaikan oleh Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Cpl. Eko Daryanto yang memastikan kehadiran Panglima TNI dan Kapolri juga memotong jalur koordinasi, sehingga keputusan-keputusan terkait rekonsiliasi di Jayapura bisa cepat dilakukan.

"Masyarakat bisa melihat kehadiran Panglima TNI dan Kapolri adalah bentuk keseriusan negara untuk menstabilkan situasi keamanan di Papua dan Papua Barat," tuturnya.

Pada hari pertama, Panglima TNI dan Kapolri tiba di Jayapura pada petang hari tidak banyak melakukan kegiatan.

Mereka hanya melakukan pertemuan tertutup dengan Gubernur Papua Lukas Enembe, di Gedung Negara.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Pulau Nipah, Pulau Terdepan di Indonesia

Pada hari ke-2 Panglima TNI dan Kapolri bersama-sama melihat latihan Penerjunan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di Base Ops Lanud Silas Papare, Jayapura.

Kemudian merka menuju Batalyon 751 dan Maodam XVII/Cenderawasih untuk memberikan arahan kepada pejabat utama TNI dan Kepolisian yang ada di Papua.

Kemudian pada hari ini, Kapolri membesuk tiga anggotanya yang terluka saat bertugas di Deiyai dan Jayawijaya, di RS. Bhayangkara Jayapura.

Setelahnya, Kapolri menyusul Panglima TNI ke Pelabuhan Jayapura untuk meninjau situasi keamanan Jayapura darii laut.

Malamnya, Kapolri dan Panglima TNI menginisiasi kegiatan " Deklarasi Kesepakatan Bersama Dalam Rangka Menjaga Papua Tanah Damai" di Swiss-bel Hotel Jayapura.

Acara tersebut juga dohadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Ketua MRP, Ketua DPR, Walikota Jayapura, Bupati Merauke, perwakilan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Baca juga: Fakta di Balik Puing-puing Kerusuhan Jayapura, 69 Kendaraan Dibakar hingga 28 Orang Tersangka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com