Kunjungan Jokowi ke Pontianak Bakal Disambut Kabut Asap, 949 Titik Panas Terdeteksi

Kompas.com - 04/09/2019, 17:47 WIB
Umat Islam melaksanakan Salat Idul Adha di tepian Sungai Kapuas di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (11/8/2019). Umat Muslim di Pontianak melaksanakan salat Idul Adha dalam kondisi diselimuti kabut asap pekat yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan. ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSAUmat Islam melaksanakan Salat Idul Adha di tepian Sungai Kapuas di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (11/8/2019). Umat Muslim di Pontianak melaksanakan salat Idul Adha dalam kondisi diselimuti kabut asap pekat yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan.

PONTIANAK, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) dijadwalkan menggelar kunjungan kerjanya di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019).

Di Kota Khatulistiwa, Jokowi dijadwalkan membagikan sertifikat tanah, kemudian dilanjutkan peninjauan Kampung Nelayan di Beting, dan Jembatan Landak II, serta kunjungan lainnya.

Namun, dalam kedatangannya kali ini, Jokowi tidak hanya akan disambut warga maupun seluruh pejabat daerah. Melainkan juga kabut asap.

Pasalnya, berdasarkan pantauan Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio-Pontianak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pontianak, Rabu (4/9/2019), terdapat sedikitnya terdapat 949 titik panas yang tersebut di hampir seluruh wilayah Kalbar.

Baca juga: Kabut Asap Semakin Parah, Ribuan Santri di Riau Shalat Minta Hujan

" Titik panas itu hasil pengolahan data citra satelit LAPAN mulai 3 September 2019 pukul 07.00 WIB hingga 4 September 2019 pukul 07.00 WIB," kata Kepala Stasiun Meteorologi Pontianak, Erika Mardiyanti, melalui keterangan tertulisnya, Rabu sore.

Erika menyebutkan, dari 949 titik panas itu, paling banyak berada di Kabupaten Ketapang, yakni 433 titik panas.

Kemudian disusul Kabupaten Sintang sebanyak 123 titik panas; Sanggau sebanyak 102 titik panas; Sekadau 87 titik panas; Kayong Utara 61 titik panas; Landak 49 titik panas; Melawi 41 titik panas; Kubu Raya 29 titik panas; Bengkayang 14 titik panas, dan Kapuas Hulu enam titik panas.

Sementara itu, di Kabupaten Sambas satu titik panas, dan Kabupaten Mempawah, serta Kota Pontianak dan Singkawang tidak ditemukan titik panas, katanya.

Baca juga: KPK Tetapkan Bupati Bengkayang Suryadman Gidot Tersangka Suap



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X