Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Cari Sekda yang Tak Berpolitik

Kompas.com - 04/09/2019, 12:17 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah mencari sosok sekretaris daerah (sekda) baru.

Ada sejumlah kriteria sekda yang ia inginkan, salah satunya tak ikut campur dalam dunia politik.

"Saya kira berkaca dari pengalaman, saya ingin sekda itu fokus dalam urusan administrasi, jangan terbawa dinamika politik. Sekda terdahulu kan punya minat ke arah politik sehingga terjadilah banyak hal yang sebetulnya tak perlu terjadi," ujar Emil, sapaan akrabnya, usai mengisi kuliah di Sekolah Pimpinan Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (4/9/2019).

Selain itu, Emil juga ingin sekda baru punya profesionalitas dan bisa menerjemahkan visi misi gubernur dan wakil gubernur.

Baca juga: Sekda Jabar Ditahan KPK, Ridwan Kamil Cari yang Baru

 

Diakui Emil, beban kerjanya bertambah sejak sekda Jabar nonaktif Iwa Karniwa tersandung perkara hukum.

"Saya kira kuncinya itu saja, saya ingin yang profesional, bisa menerjemahkan visi misi gubernur secara detail. Jangan sampai gubernur seperti hari ini mengurusi hal teknis yang sebetulnya bisa diselesaikan di level sekda," ungkap dia.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah mencari sekda baru menyusul penahanan Sekda Jabar nonaktif Iwa Karniwa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap perizinan proyek Meikarta.

Saat ini, Ridwan telah menunjuk Asisten Bidang Pemerintahan Daud Ahmad sebagai pelaksana harian (Plh) Sekda Jabar.

Ia telah mengirimkan surat kepada Kementrian Dalam Negeri perihal rencana pergantian sekda Provinsi Jawa Barat yang baru.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, hasil komunikasi awal dengan Kemendagri menyebutkan jika pergantian sekda bisa dilakukan lewat penunjukan langsung atau lelang terbuka.

"Jadi, sudah diputuskan dan saya sudah kirim surat ke Kemendagri. Bahwa kami akan memproses pencarian sekda baru, bentuknya sedang dikonsultasikan. Ada opsi penunjukan langsung juga bisa ternyata sesuai aturan, selama memenuhi syarat. Ada opsi juga dilelang dicari dari mana-mana itu juga sedang dipertimbangkan menunggu masukan dari Kemendagri," ungkap Emil.

Baca juga: Soal Sekda Jabar, Ridwan Kamil Akan Konsultasi dengan Kemendagri

Emil pun belum memutuskan mekanisme mana yang akan ia ambil. Ia mengaku, ingin mendapat arahan dari Kemendagri terlebih dahulu untuk memastikan keputusannya tak menimbulkan dinamika.

"Saya nunggu petunjuk dulu (dari Kemendagri) mana yang secara dinamika paling sedikit," kata dia.

Sebelum sekda definitif terpilih, Emil rencananya akan menunjuk Asisten Bidang Pemerintahan Daud Ahmad sebagai pejabat sementara (Pjs) Sekda Jabar. Sebelumnya, Daud juga ditunjuk sebagai pelaksana harian (Plh) sekda Jabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com