KILAS DAERAH

"One Pesantren One Product", Jurus Ridwan Kamil Gairahkan Ekonomi Pesantren

Kompas.com - 03/09/2019, 20:12 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan hadiah kepada pondok pesantren (ponpes) peserta One Pesantren One Product (OPOP) di Bandung, Selasa (3/9/19). Humas Pemprov JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan hadiah kepada pondok pesantren (ponpes) peserta One Pesantren One Product (OPOP) di Bandung, Selasa (3/9/19).

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mencetuskan program One Pesantren One Product (OPOP) sebagai upaya menggairahkan ekonomi pesantren di wilayahnya.

Menilik fungsinya, OPOP merupakan program pemberdayaan ekonomi pesantren dengan menghadirkan ragam kegiatan.

Antara lain memberi pelatihan bisnis berbasis daring, mengadakan aktivitas magang, pelatihan cara mengelola uang, dan pendampingan produksi pemasaran.

Kini program tersebut telah memasuki tahap satu yang mana dalam acara peresmiannya dihadiri langsung oleh Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di Bandung, Kamis (29/9/2019).

Baca juga: Go To East, Upaya Emil Sejahterakan Nelayan Jabar

"Ada 1.076 pondok pesantren (ponpes) dari 27 kabupaten dan kota di Jabar yang menjadi peserta OPOP tahap satu," ucap dia sesuai rilis yang Kompas.com terima, Selasa (3/9/2019).

Emil menjelaskan, sistem bisnis OPOP berbeda dengan program kewirausahaan pada umumnya karena lebih dulu mencari pembeli (off takers).

"Ketika ada permintaan, baru ponpes peserta OPOP akan memproduksi produk," ujar Emil.

Gandeng perusahaan besar

Terdekat, program OPOP akan mempertemukan ponpes dengan pengusaha dan sejumlah perusahaan demi menciptakan iklim kolaborasi usaha.

Baca juga: Emil Beberkan 3 Langkah untuk Tekan Angka Kemiskinan di Jabar

Perusahaan yang dimaksud di antaranya BukaLapak, Blibli, Telkom, dan Angkasa Pura,

"Sampai saat ini sudah mengantongi 40 off takers. Mimpinya adalah ekonomi Jabar yang besar yang titik simpulnya di Pesantren," papar Emil.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X