Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Kerusuhan Jayapura, 5 Warga Tewas

Kompas.com - 03/09/2019, 15:16 WIB
Dhias Suwandi,
Khairina

Tim Redaksi

 

JAYAPURA, KOMPAS.com — Polda Papua mengakui, pasca-kerusuhan yang terjadi di Kota Jayapura pada Kamis (29/8/2019), lima warga tewas.

Empat jasad yang ditemukan belum diketahui penyebab kematiannya, sementara 1 warga tewas terkena tembakan polisi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menyebut 4 jasad yang ditemukan berada di tempat dan waktu yang berbeda, tetapi ia tidak merinci datanya.

"Ada 74 saksi yang sudah diperiksa terkait ditemukannya 4 jasad dan 1 warga yang tewas lainnya," ujarnya di Jayapura, Selasa (3/9/2019).

Baca juga: Polda Papua Ungkap Data Kerusakan Kerusuhan Kota Jayapura

Terkait tewasnya seorang warga karena tembakan dari pihak kepolisian, ia menjelaskan hal tersebut kini telah ditangani Propam Polda Papua.

Kamal menyebut, saat kejadian, polisi tengah berusaha membubarkan massa yang ingin membalas para pelaku kerusuhan yang melakukan perusakan dan pembakaran.

Namun, upaya tersebut disambut dengan perlawanan dari massa yang juga membawa senjata tajam dan melakukan pelemparan batu.

"Propam juga sudah melakukan pemeriksaan," kata Kamal.

Terkait dengan penangkapan 64 pelaku kerusuhan, Kamal menyebut 36 orang di antaranya telah dipulangkan dan jumlah tersangka belum bertambah, yaitu 28 orang.

Namun, ia memastikan proses hukum terus berlanjut guna mengetahui fakta di balik aksi tersebut.

"Siapa pun yang melakukan tindakan kriminal akan ditindak, kita akan tetap proses. Saat ini Reskrim sedang rapat untuk menentukan langkah-langkah penyelidikan," tuturnya.

Baca juga: Polri: 4 Warga Sipil Diduga Tewas Akibat Kerusuhan di Jayapura

Sebelumnya, Polda Papua telah menetapkan 28 orang sebagai tersangka kerusuhan di Kota Jayapura pada Kamis (29/8/2019).

Direskrimum Polda Papua Kombes Toni Harsono menyatakan, jumlah tersangka akan terus bertambah karena para tersangka sudah menyebut nama-nama lain yang terlibat dalam aksi tersebut.

Selain itu, Polda Papua juga mengamankan beberapa jenis senjata dari 64 orang yang sebelumnya telah ditangkap pada Jumat (30/8/2019).

Senjata yang diamankan di antaranya 40 ketapel, belasan besi panjang yang telah dilancipkan, panah, satu buah pisau, dan lainnya.

Kerusuhan di Kota Jayapura dilakukan oleh massa yang jumlahnya diperkirakan mencapai 10.000 orang.

Saat itu, massa melakukan pembakaran, perusakan, dan penjarahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com