Mengenal Cerorot, Jajanan Khas yang Ikut Meriahkan Karnaval Heritage Lombok Sumbawa

Kompas.com - 02/09/2019, 12:04 WIB
Cerorot, makanan tradisional Lombok ikut meriahkan karnaval heritage Lombok Sumbawa, Minggu (1/9/2019) KOMPAS.com/KARNIA SEPTIA KUSUMANINGRUMCerorot, makanan tradisional Lombok ikut meriahkan karnaval heritage Lombok Sumbawa, Minggu (1/9/2019)

MATARAM, KOMPAS.com - Karnaval bertajuk Heritage Lombok Sumbawa yang menampilkan beragam seni tradisi masyarakat Lombok dan Sumbawa digelar di sepanjang jalan protokol Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat ( NTB), Minggu (1/9/2019).

Kegiatan yang dirangkai dengan Symposium International Asia Pacific Geopark Network (APGN) 2019 itu dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur NTB Siti Rohmi Djalilah.

Gelaran budaya tersebut menampilkan beragam atraksi seni budaya suku Sasak, suku Samawa dan suku Mbojo di NTB.

Kegiatan ini menampilkan peragaan busana dari sampah daur ulang, atraksi seni dan budaya, hingga menampilkan beragam kuliner dan kearifan lokal lainnya.

Salah satu kuliner yang ditampilkan dalam Heritage Lombok Sumbawa adalah jajanan cerorot, yang merupakan salah satu panganan tradisional masyarakat Lombok.

Tamu mancanegara peserta APGN yang hadir diajak serta membuat jajanan cerorot.

Baca juga: Tradisi Roah di Lombok Tengah, Bersyukur dan Kumpulkan Tenaga Usai Shalat Idul Adha

Adapun, cerocot merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras, santan dan gula merah yang dibalut dengan janur, atau daun kelapa yang masih muda.

Cara pembuatan jajanan tradisional ini langsung dipraktikkan oleh Wagub Rohmi.

Tak hanya cara membuat, cara unik menyantap cerorot juga dipraktekkan di hadapan para peserta APGN.

He Qiencheng selaku Koordinator APGN yang hadir bersama puluhan delegasi peserta sidang UGG, tampak menikmati jajanan cerorot yang disajikan.

Ia bersama Wagub Rohmi sempat ikut membuat bungkus jajanan tradisional cerorot yang dibalut janur kuning.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X