Umur 66 Tahun, Wagub Bangka Belitung Batal Donorkan Darah

Kompas.com - 02/09/2019, 09:50 WIB
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah cek kesehatan saat donor PMI di gubernuran Senin (2/9/2019). KOMPAS.com/HERU DAHNURWakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah cek kesehatan saat donor PMI di gubernuran Senin (2/9/2019).

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Keinginan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah untuk mendonorkan darah seusai apel pagi di kantor gubernur terpaksa dibatalkan, Senin (2/9/2019).

Sebab, saat dilakukan pemeriksaan, umur Abdul telah mencapai 66 tahun. "Sudah dicek, umurnya ketinggian," kata Abdul Fatah, sembari tertawa.

Dia pun akhirnya hanya melakukan pengecekan tensi dan gula darah.

Baca juga: PDI Perjuangan Pertahankan Kekuasaan di Parlemen Bangka Belitung

Meskipun batal mendonorkan darah, Abdul Fatah yang juga ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kepulauan Bangka Belitung tetap mengimbau para pegawai untuk ikut aksi donor darah.

Ketua Bidang Donor PMI Babel Andri Nurtirto mengatakan, usia di atas 60 tahun memang disarankan untuk tidak melakukan donor darah.

"Berisiko mengganggu hemodinamic," kata Andri.

Sementara, bagi pendonor di bawah usia 60 tahun, tidak serta merta bisa diambil darahnya.

Petugas terlebih dahulu melakukan pengecekan dan setelah dinyatakan layak baru dilakukan proses donor.

Sekretaris PMI Pangkal Pinang Wahyono mengatakan, pihaknya rata-rata menerima permintaan 900 sampai 1.000 kantong darah setiap bulannya.

"Paling banyak stok golongan A dan B. Sementara O dan AB sedikit, bisa dikatakan langka," ujar dia.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X