Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Talaud, Sulawesi Utara

Kompas.com - 01/09/2019, 20:10 WIB
Ilustrasi gempa, gempa Banten ShutterstockIlustrasi gempa, gempa Banten

MANADO, KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 5,1 mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Minggu (1/9/2019).

Gempa terjadi pada pukul 18.57 WIB. Lokasi gempa 5.35 LU, 126.78 BT  atau 150 kilometer TimurLaut Melonguane-Sulut, dengan kedalaman 103 kilometer.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi berkedalaman menengah.

Baca juga: Gunungkidul Dianggap Wilayah Rawan Gempa, Ratusan Rumah Disurvei

Gempa ini disebabkan deformasi batuan karena aktivitas subduksi lempeng laut Filipina dari arah timur yang menujam ke barat.

"Sampai saat ini kami belum menerima laporan bahwa gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat di Kepulauan Talaud dan sekitarnya," ujarnya melalui pesan singkat, Minggu malam.

Baca juga: Berikut Daerah dengan Zona Gempa Aktif pada September 2019



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X