Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pengangkut 7.850 Tabung Gas 3 Kg Tenggelam Usai Tabrak Karang

Kompas.com - 01/09/2019, 18:27 WIB
Hadi Maulana,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

KARIMUN, KOMPAS.com - Kapal Motor (KM) Nurbaila yang mengangkut 7.850 tabung gas subsidi 3 kilogram, tenggelam di perairan Dusun Setungging, Desa Selat Mi, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab kapal ini tenggelam. Namun, informasi yang berhasil dikembangkan, tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan dari kejadian ini.

Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro membenarkan terkait insiden tersebut. Catur mengatakan, tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan dari kejadian tersebut.

Catur menyebutkan bahwa kapal motor tersebut tenggelam tidak jauh dari Pos Angkatan Laut (Posal) Moro dan saat itu juga personel Posal Moro langsung turun membantu evakuasi 1 nakhoda dan 3 ABK kapal motor nahas itu.

Baca juga: Kapal Tenggelam Dihantam Ombak, Penumpang Terombang-ambing Seharian

Keempat korban berhasil diselamatkan tanpa mengalami luka-luka, hanya saja ada sau ABK yang terlihat trauma pascakejadian ini.

"Untuk penyebabnya belum diketahui, namun untuk kerugian ditaksir ratusan juta,” kata Catur melalui telepon, Minggu (1/9/2019).

Catur mengatakan, berdasarkan keterangan sementara dari nakhoda kapal, kejadian ini berawal saat kapal menabrak karang, dan seketika saja kapal mengalami kemiringan hingga tenggelam.

Meski kapal tersebut tenggelam, sebanyak 7.850 tabung gas subsidi 3 kilogram mengapung dan berhasil dievakuasi.

"Semua tabung berhasil dievakuasi, hanya saja sebagian diselamatkan warga sekitar," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com