Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal KM Rahmat Pantura Karam di Wakatobi, 15 Penumpang Selamat Dievakuasi

Kompas.com - 01/09/2019, 07:38 WIB
Defriatno Neke,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

WAKATOBI, KOMPAS.com - Sebuah kapal penumpang bernama Kapal Motor (KM) Rahmat Pantura karam di tengah laut di sekitar perairan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Sabtu (31/8/2019) sekitar pukul 18.30 Wita. 

“Kami mendapat informasi awal dari satu ABK kapal KM Rahmat Pantura bahwa telah terjadi kapal kandas di sekitar Pulau Kompo One,” kata Kepala Pos SAR Wakatobi, Zulkifli, Sabtu (31/8/2019) malam.

Baca juga: Kisah Pencarian Kapal MV Nur Allya: Sekoci Ditemukan, tapi 25 ABK Hilang

Sebanyak 15 penumpang selamat setelah segera dievakuasi oleh tim SAR menuju Pulau Wanci dengan menggunakan perahu karet.

Kapal KM Rahmat Pantura awalnya bergerak dari Pulau Binongko menuju Pulau Wanci. Namun, di tengah perjalanan di sekitar wilayah Pulau Kompo One, Desa Liya Togo, Kecamatan Wangiwangi Selatan, kapal tersebut karam. 

Sebanyak 5 anggota tim SAR dari Pos SAR Wakatobi dikerahkan menuju wilayah Pulau Kompo One untuk mengevakuasi penumpang.

Baca juga: Ini 7 Fakta Baru Tragedi KM Mina Sejati di Laut Aru, 21 Orang Masih Hilang hingga Siapkan Penyelam

Evakuasi sempat mengalami hambatan karena air yang surut di malam hari sehingga tim SAR kesulitan menedekati kapal tersebut.  

Namun proses evakuasi penumpang tetap dilakukan hingga selesai pukul 20.00 Wita. 

“Kami mengevakuasi semua ABK kapal dan penumpang sebanyak 15 orang dan kami langsung evakuasi ke Pelabuhan Wanci,” ucap Zulkifli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com