Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tangkap Penganiaya Kades yang Memicu Bentrok Dua Desa di Pulau Seram

Kompas.com - 31/08/2019, 21:37 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com — Aparat kepolisian menangkap seorang warga berinisial MS pasca-bentrok antarwarga yang terjadi di Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku (Sabtu (31/8/2019).

MS di tangkap polisi lantaran di duga terlibat dalam aksi penganiayaan terhadap Kepala Desa (Kades) Iha Zain Syaiful Latukaisupy (54) saat mobil yang dikendarai korban menabrak seorang bocah berusia 6 tahun di Dusun Tanah Goyang, Desa Loki, pada Jumat malam.

“Satu terduga pelaku penganiaya Raja Iha telah ditangkap polisi dan saat ini sudah ditahan,”kata Kapolsek Huamual, Ipda Elnath Splendidta, kepada Kompas.com saat dikonfirmasi dari Ambon, Sabtu malam.

Menurut Elnath saat ini kondisi keamanan di wilayah tersebut telah dapat dikendalikan aparat TNI Polri. Dia mengaku pasca-bentrokan yang melukai seorang warga dan seorang anggota polisi itu, kondisi mulai berangsur kondusif.

Baca juga: Kades Dianiaya, Warga Dua Desa di Pulau Seram Bentrok

“Warga yang terlibat bentrok sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Saat ini kondisi sudah terkendali tetapi kami masih tetap siaga satu,” kata dia.

Dia pun mengimbau kedua warga desa yang terlibat bentrokan agar dapat menahan diri dan memercayakan sepenuhnya penanganan kasus tersebut kepada pihak berwajib.

“Jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu, percayakan kepada aparat berwenang untuk penanganan masalah ini,” katanya.

Tabrak bocah 6 tahun

Diberitakan sebelumnya bentrokan antara kedua warga desa pecah setelah Kepala Desa (Raja) Negeri Iha, Zain Syaiful Latukaisupy dianiaya sejumlah oknum pemuda di Dusun Tanah Goyang, Desa Loki.

Kades Zain dianiaya lantaran mobil Toyota Avanza yang di kendarainya menabrak seorang bocah berusia 6 tahun saat melintas di dusun tersebut pada Jumat malam.

Mobil yang dikendarai Zain juga ikut dilempari dan dirusak massa saat kejadian itu.

Buntut dari kejadian tersebut, warga yang marah karena kepala desanya diamuk massa langsung menyerang Dusun Tanah Goyang.

Beruntung aparat TNI Polri segera tiba di lokasi kejadian dan langsung berusaha menghalau massa sehingga bentrokan yang semakin besar dapat segera diredam. 

Baca juga: Bentrok Dua Desa di Pulau Seram, Seorang Warga Terkena Panah di Dada

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com