Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ospek, Mahasiswa Baru Universitas Khairun Disuruh Minum Air Ludah

Kompas.com - 30/08/2019, 15:30 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS,com - Video kegiatan informasi dan orientasi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Khairun Ternate (Unkhair) Ternate, Maluku Utara, viral di media sosial (Facebook).

Dalam video itu, tampak calon mahasiswa baru satu persatu meminum air yang sudah disediakan panitia orientasi di dalam gelas air mineral, setelah itu meludahkannya kembali ke dalam gelas tersebut.

Hal itu dilakukan peserta orientasi secara bergiliran di dalam sebuah ruangan.

Baca juga: Dituding Perkeruh Kasus Mahasiswa Papua, Kantor LBH Surabaya Didemo

Dari video yang diunggah pemilik akun Facebook atas nama Fachri Magfirah itu terlihat hampir sebagian besar mahasiswi ragu-ragu untuk meminumnya, namun tetap saja mereka lakukan.

Dalam video lainnya juga yang diunggah, para mahasiswa menaiki beberapa anak tangga, sementara panitia menghitungnya, agar para calon mahasiswa lebih cepat sampai di atas.

Selain itu, para mahasiswa harus berjalan jongkok melewati di bawah kedua kaki seniornya untuk sampai menuju atas tangga.

Aksi yang dilakukan para senior itu mendapat kecaman dari para netizen.

Salah satunya dari pemilik akun atas nama Supriadi Tsaqib.

Ospek mahasiswa ap pendidikan meiliter sih….?? Kok pri kemanusiaan nya nggk ad sama sekali…..Trus kalo ospek ny begini hasil nya ap coba???,’ tulis Supriadi dalam komentarnya.

Komentar lainnya datang dari pemilik akun atas nama Hadijah.

"Itu namax motivasi yang tidak sehat, apalagi dalam segi kesehatan, ini karena ulah sifat balas dendam antara senior dan junior, kira me model bagitu so tr berlaku padahal masih ada eee, stop sda yang model bagitu tu eee". tulis Hadijah dalam komentarnya.

Menanggapi itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Khairun Ternate melalui instragram dengan nama akun @mahasiswaunkhair memohon maaf atas kejadian tersebut.

Berikut isi permohonan maafnya:

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Khairun Ternate melayangkan permohonan maaf atas kejadian kekerasan oknum senior terhadap junior dalam kegiatan Informasi dan Orientasi Mahasiswa Baru pada Kamis 29 Agustus 2019.

Kejadian kekerasan yang tidak seharusnya itu, terjadi secara spontan oleh beberapa oknum senior di sela sela pergantian agenda kegiatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com