Viral Oknum Guru Aniaya Murid di Lumajang, Alasan Kedisiplinan hingga Mediasi Polisi

Kompas.com - 30/08/2019, 13:55 WIB
Polisi mendatangi rumah murid yang dianiaya guru. KOMPAS.com/ACHMAD FAISOLPolisi mendatangi rumah murid yang dianiaya guru.

KOMPAS.com - Viral video seorang oknum guru di Lumajang, Jawa Timur, yang menganiaya muridnya sendiri, sempat menjadi sorotan masyarakat.

Tim penyidik dari Polres Lumajang sudah diterjunkan untuk melakukan penyelidikan. Menurut HWP, dirinya melakukan tindakan kekerasan tersebut adalah semata untuk mendisiplinkan MF (15).

Kasus tersebut pun berakhir damai setelah pihak keluarga korban memaafkan tindakan oknum guru berinisial HWP (45) terhadap MF.


Berikut ini fakta dari kasus tersebut:

1. Aksi HWP jadi viral di media sosial

Ilustrasi media sosialTHINKSTOCKS/IPOPBA Ilustrasi media sosial

Kapolres Lumajang AKBP Muh Arsal menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Juli 2019 di SMP Muhammadiyah Jatiroto, Kecamatan Jatiroto, Lumajang.

Namun, peristiwa tersebut justru menjadi viral di media sosial dan beredar luas di grup-grup WhatsApp dan Facebook. Para netizen pun menyayangkan tindakan yang dilakukan oknum guru tersebut kepada muridnya.

Salah satunya dari akun Aldi yang menulis: "Ini guru se enaknya mukul anak orang....hai guru kamu itu sudah di gaji oleh pemerintah..jangan se enaknya mukul anak orang."

Baca juga: Guru Aniaya Murid di Lumajang Viral, Polisi Pilih Jalur Mediasi

2. Alasan oknum guru lakukan tindak kekerasan kepada HW

Ilustrasi sekolah rusakShutterstock Ilustrasi sekolah rusak

Polisi segera melakukan penyelidikan setelah video tersebut menjadi viral. Oknum guru tersebut merupakan salah satu pengajar di SMP Muhammadiyah Jatiroto.

Sedangkan korbannya berinisial MF (15), warga Desa Kaliboto Kidul Kecamatan Jatiroto. Kapolsek Jatiroto dan Katim Cobra Polres Lumajang ditugaskan untuk mendatangi rumah korban.

"Dalam investigasi tersebut diketahui bahwa tindakan yang dilakukan Herna sebenarnya bertujuan untuk mendisiplinkan MF," katanya, Kamis (29/8/2019)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X