Bupati Sumedang Sebut Wilayahnya Layak Jadi Ibu Kota Provinsi Jawa Barat

Kompas.com - 30/08/2019, 13:02 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat jumpa pers di Tahura Gunung Kunci, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (30/8/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com KOMPAS.COM/AAM AMINULLAHBupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat jumpa pers di Tahura Gunung Kunci, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (30/8/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

SUMEDANG, KOMPAS.com - Wacana pemindahan ibu kota Provinsi Jawa Barat menarik perhatian Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Dony mengatakan, Kabupaten Sumedang merupakan daerah yang layak menjadi ibu kota baru Provinsi Jawa Barat, menggantikan Kota Bandung.

Sumedang tidak masuk ke dalam tiga kabupaten yang sudah disebutkan. Yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan wilayah seputar Kabupaten Majalengka.

"Wacana pemindahan ibu kota provinsi ini jangan hanya ikut latah Jakarta pindah ke Kalimantan Timur. Tapi yang pasti, siapa sih bupati yang tidak ingin kabupatennya jadi ibu kota?" ujar Dony saat ditemui di Tahura Gunung Kunci, Sumedang, Jumat (30/8/2019).

Baca juga: DPRD Sebut 3 Daerah yang Diusulkan Ridwan Kamil Tidak Masuk Rencana Ibu Kota Baru Jabar

Dony menuturkan, Sumedang layak jadi ibu kota provinsi, karena letak geografis wilayah Sumedang bagian timur berdekatan dengan akses strategis nasional yaitu Pelabuhan Patimban Subang dan Bandara Kertajati Majalengka.

Dony menyebutkan, kawasan timur Sumedang itu meliputi Buahdua, Ujungjaya, Tomo, dan Jatigede (Butom Gede).

Selain itu, ke depannya, akses menuju Sumedang juga akan ditunjang dengan adanya Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) dan jalur kereta api Bandung-Cirebon.

"Sumedang juga dekat ke Cirebon dan Jawa Tengah. Dekat juga ke Bandung," tutur Dony.

Dony menyebutkan, nantinya wilayah Butom Gede di kawasan timur Sumedang ini juga dapat dijangkau dengan mudah.

"Dekat dengan airport (BIJB), dekat dengan Patimban (Pelabuhan)," kata Dony.

Meski demikian, menurut Dony, terkait kabupaten/kota mana yang lebih layak menjadi ibu kota baru provinsi Jawa Barat, hal ini perlu kajian matang dan membutuhkan waktu yang panjang.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X