KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Kembangkan Pariwisata, Pemkot Semarang Gelar Konser Musik Mini

Kompas.com - 28/08/2019, 18:47 WIB
Anissa DW,
M Latief

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi terus berkomitmen untuk mengembangkan sektor pariwisata, khususnya di bidang seni budaya.

Salah satu caranya dengan menginisiasi sebuah konser musik mini bertajuk "Urban Street Music". Menurut Hendi, ajang ini bisa menjadi pilihan rekreasi bagi masyarakat untuk melepas penat dari rutinitas hariannya.

Bertempat di depan kantor Balai Kota Semarang, konser mini tersebut juga menjadi upaya untuk memecah simpul keramaian di Kota Semarang setiap akhir pekan.

"Acara ini dilaksanakan tiap Jumat malam dengan mengangkat genre musik yang berbeda setiap minggunya," kata Hendi.

Baca juga: Cerita Sukses Wali Kota Hendi Revitalisasi Kawasan Kota Lama Semarang

Menurut dia, tujuan dari genre musik beragam itu agar semua musisi lokal Kota Semarang bisa menampilkan musiknya di hadapan warga.

"Jadi, selain untuk wadah hiburan masyarakat, kita juga ingin mendorong musisi lokal Semarang lebih banyak wadah untuk mengekspresikan musiknya," ucap dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/8/2019).

Tak hanya itu, Hendi juga berharap musisi lokal Kota Semarang dapat mengasah dan meningkatkan skil bermusiknya lewat ajang itu.

"Kami sangat ingin anak-anak band di Kota Semarang dapat tumbuh semakin baik dan meningkatkan skilbermusiknya," ujar Hendi.

Baca juga: Bumikan Diplomasi Indonesia, Kemlu dan Pemkot Semarang Gelar Diplofest

Ajang itu pun mendapat sambutan hangat warga. Salah satunya Rizal.

"Keren, acaranya bagus ada musik di pinggir jalan. Jadi pulang kerja bisa mampir nonton. Semoga saja event ini bisa terus berlangsung," ujarnya.

Hingga saat ini, ajang Urban Street Music sudah dua kali diselenggaraan. Pada gelaran pertama Jumat (9/8/2019), penyelenggara mengangkat genre Jazz. Kemudian pada minggu kedua, Jumat (23/8/2019) lalu, ajang ini mengusung genre musik rock.

Sejumlah band rock Semarang tampil membawakan lagu-lagu dari musisi legendaris. Salah satunya band Rockstar yang membawakan lagu Sweet Child O'Mine milik Guns 'N Roses.

Hendi pun tidak mau kalah. Dia tampil menyanyikan lagu Misteri yang dipopulerkan grup band legendaris God Bless.

Baca juga: Ketika Daerah Lain Ekonominya Masih Sulit, Kota Semarang Malah Melejit

Selain bisa dinikmati warga Kota Semarang, Hendi berharap ajang musik itu dapat menjadi hiburan alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

"Harapan kami acara seperti ini juga jadi destinasi wisata baru. Oh, di Kota Semarang setiap Jum'at malam ada musikan di depan Balai Kota, ini bagus," ujar Hendi.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com