Masuk 10 Kota Metropolitan di Indonesia, Makassar Akan Dilengkapi Monorel

Kompas.com - 28/08/2019, 13:20 WIB
Pejabat Walikota Makassar, Iqbal Suaeb KOMPAS.COM/HENDRA CIPTOPejabat Walikota Makassar, Iqbal Suaeb

 

MAKASSAR, KOMPAS.com — Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengumumkan 10 kota metropolitan di Indonesia sesuai dengan populasi penduduk dan luas wilayah.

Kota Makassar yang jumlah penduduknya mencapai 1,7 juta jiwa dengan luas wilayah 199,26 kilometer persegi menduduki posisi ke-5 dari 10 kota metropolitan.

Kota Makassar yang sudah lama menjadi kota metropolitan didorong oleh Bappenas untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dialami masyarakat dan meningkatkan pelayanan dan sarana serta prasana umum.

Baca juga: Siap-siap, Jabar Dilirik Pengembang Monorail asal London

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Iqbal Suaeb yang dikonfirmasi, Rabu (28/8/2019), mengatakan, ada beberapa masalah yang dihadapi oleh Kota Makassar, dari masalah sosial, pelayanan, hingga sarana dan prasana umum, termasuk masalah kemacetan di jalanan.

Iqbal menuturkan, masalah-masalah yang dialami masyarakat Kota Makassar sedang dibenahi, mulai dari gelandangan dan pengemis hingga peningkatan pelayanan dan masalah kemacetan.

Tentu, sebagai kota metropolitan, jumlah penduduk akan terus bertambah, yakni masyarakat luar masuk ke Kota Makassar.

“Kami sedang benahi semua, mulai dari gelandangan dan pengemis, peningkatan pelayanan masyarakat hingga masalah kemacetan yang setiap hari dihadapi,” katanya.

Baca juga: PT Jakarta Monorail: Semoga LRT Tidak Dimangkrakkan seperti Monorel

Iqbal mengungkapkan, jika pihaknya sedang membahas soal pembuatan angkutan massal, yakni monorel untuk mengatasi kemacetan di Kota Makassar.

Nanti, monorel tersebut akan berkeliling Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Maros.

“Jika ada angkutan massa seperti monorel, tentunya akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di jalanan. Dengan kurangnya penggunaan kendaraan pribadi, maka akan sedikit mengurangi kemacetan di jalanan,” terangnya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X