Alat Deteksi di Kapal Kargo yang Hilang di Laut Maluku Tak Lagi Memancarkan Sinyal

Kompas.com - 27/08/2019, 08:02 WIB
Ilustrasi kapal barang. SHUTTERSTOCKIlustrasi kapal barang.

AMBON, KOMPAS.com - Pencarian kapal kargo MV Nur Allya yang dilaporkan hilang kontak di peraiaran Pulau Buru, Maluku, belum juga membuahkan hasil.

Meski telah mengerahkan pesawat milik perusahan penerbangan Susi Air untuk memantau dari udara, namun keberadaan kapal yang mengangkut 25 orang penumpang itu belum juga ditemukan.

Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin mengatakan, ada yang janggal dengan alat pendeteksi sinyal di atas kapal tersebut.

Menurut Muslimin, sebelumnya, kapal itu terakhir terdeteksi berada di bagian utara peraiaran Pulau Buru melalui pancaran sinyal dari kapal tersebut.

Baca juga: Cuaca Buruk, Pencarian Kapal Kargo yang Hilang di Perairan Pulau Buru Dihentikan

“Tapi, saat ini, alat deteksi yang ada di kapal itu tidak lagi memancarkan sinyal,” kata Muslimin, kepada Kompas.com, Senin (26/8/2019).

Dia mengatakan, semua kapal memiliki alat tersebut, karena alat itu sangat penting dalam kondisi darurat.

Melalui pacaran sinyal dari alat tersebut, posisi kapal dapat terdeteksi dan diketahui lokasinya, termasuk titik koordinatnya.

“Semua kapal memiliki alat itu, alatnya kecil saja, ukurannya seperti jeriken lima liter. Sementara sedang kami dalami apakah itu dibuang atau bagaimana,” ungkap dia.

Dia tidak menampik bahwa sebelumnya tim SAR telah dapat mengetahui di mana posisi kapal itu mengalami kehilangan kontak, namun sehari setelahnya pancaran sinyal dari kapal itu tidak lagi bisa terdeteksi.

“Benar, awalnya kapalnya masih memancarkan sinyal sehingga bisa ditentukan titik koordinatnya, namun setelah itu tidak lagi,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X