Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Pemprov Jabar Siap Bantu Kembar Siam Dempet Kepala Fadli-Fadlan

Kompas.com - 26/08/2019, 14:20 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen untuk membantu proses perawatan medis bayi kembar asal Sukabumi Fadli dan Fadlan (9 bulan).

Pria yang akrab disapa Emil itu pun telah menginstruksikan jajarannya untuk membawa orang tua Fadli dan Fadlan untuk tinggal di Rengganis (rumah singgah harmonis) untuk memangkas biaya penginapan selama menjalani pemeriksaan rutin di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Saya sudah instruksikan selama proses (pemeriksaan) orang tuanya tinggal di Rengganis sebagai bagian dukungan dari Pemprov terhadap proses. Kalau ada kurang-kurang kalau tidak mampu pasti ada pertolongan keuangan," kata Emil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Senin (26/8/2019).

Baca juga: Nasib Kembar Siam Dempet Kepala Fadli-Fadlan, Kini Menderita Infeksi Saluran Udara

Emil menuturkan, selama proses pemeriksaan Fadli dan Fadlan akan dipantau secara intensif oleh tim Jabar Quick Respons (JQR).

Ia pun berharap kondisi Fadli dan Fadlan terus membaik dan dapat menjalani seluruh tindakan medis dengan lancar.

"Ada kan kewat JQR dulu minimal. Alhamdulillah JQR sudah turun langsung tolong diapresiasi mereka sudah merespons memfasilitasi. Setiap takdir manusia adalah unik termasuk kembar siam. Negara hadir melalui JQR untuk merespon kebutuhan pertolongan pertolongan kemanusian termasuk mengangani penangan dengan cepat," paparnya.

Baca juga: Sakit, Bayi Kembar Siam Fadli-Fadlan Dirujuk ke RSHS Bandung

Dalam pengawasan RSHS

Seperti diberitakan, bayi kembar siam Fadli dan Fadlan (9 bulan) kembali dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin pada Kamis (22/8/2019) kemarin. Bayi memiliki keluhan panas badan.

Direktur Medik & Keperawatan RSHS dr. Nucki Nursjamsi Hidajat mengatakan bahwa bayi kembar siam asal Sukabumi (sebelumnya Cianjur-red), Fadli & Fadlan (9 bulan) merupakan pasien yang berada dalam pengawasan RSHS.

Sempat dirawat, kedua bayi kemudian dipulangkan untuk homecare. Kamis kemarin, Fadli-Fadlan kembali dirujuk ke RSHS.

"Ada keluhan panas badan. Tujuan perawatan untuk mengetahui diagnosa dan diberikan terapi yang tepat, bukan untuk operasi pemisahan," kata Nucki dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/8/2019).

Sementara, untuk kelainan dempet kepalanya, tim dokter akan melakukan kajian lebih detail lagi.

"Untuk kelainan dempet kepalanya akan dilakukan kajian lebih detail oleh Tim Penanganan Bayi Kembar Siam RSHS dengan pemeriksaan CT Scan atau MRI," tuturnya. 

Baca juga: Kisah Fadlan dan Fadli, Bayi Kembar Siam Dempet Kepala, Keluarga Berharap Dioperasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com