Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembakan Salvo Iringi Pemakaman Ipda Erwin, Polisi yang Dibakar di Cianjur

Kompas.com - 26/08/2019, 14:14 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Tembakan salvo mengiringi prosesi pemakaman Ipda Erwin Yudha Wildani (45) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikaret, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (26/08/2019).

Anggota Polsek Cianjur kota yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Bojongherang, Cianjur itu meninggal dunia, Senin (26/08/2019) dini hari di RSP Pertamina, Jakarta setelah sempat menjalani perawatan medis selama 12 hari.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi bertindak selaku inspektur upara dalam proses pemakaman yang digelar secara kedinasan itu. 

Turut hadir para pejabat di lingkungan Polda Jabar, Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, plt Bupati Cianjur, H. Herman Suherman, Dandim 0608 Letkol Rendra Dwi Ardhani, jajaran Forkopimda lainnya, para personil TNI/Polri dan keluarga serta kerabat korban.

Baca juga: RSPP: Kondisi Ipda Erwin Menurun dari Minggu hingga Meninggal Dunia

“Hari ini kita melaksanakan pemakaman Ipda Erwin yang meninggal dunia tadi malam. Almarhum gugur dalam tugas saat mengamankan aksi unjukrasa di Cianjur,” tutur Rudy kepada wartawan usai pemakaman, Senin.

Meninggalnya Erwin, sebut dia membuktikan jika tugas sebagai anggota kepolisian sangatlah berat bahkan sampai harus mengorbankan nyawa.

“Kami semua anggota Polri sudah berjanji sudah memilih jalan hidup sebagai anggota polisi dengan semua resiko yang tidak mudah bahkan sampai harus mengorbankan nyawa,” katanya.

Namun begitu, tegas Rudy, seorang anggota polisi tetap harus melaksanakan tugasnya sebagai pelayanan masyarakat dan bertanggungjawab terhadap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Semoga ini kejadian yang terakhir, dan kita tetap melanjutkan pelayanan kita terhadap masyarakat walaupun tidak semudah yang dibayangkan bahkan dengan risiko nyawa kita sebagai anggota Polri,” ungkapnya.

Baca juga: Ipda Erwin, Polisi yang Dibakar di Cianjur Meninggal, akan Dimakamkan di TMP Cikaret

Tinggalkan dua anak, alami luka bakar 70 persen

Almarhum meninggalkan seorang istri Sukarni (45) dan dua orang anak, Erik Saputra (20) dan Adinda Wulandari (18).

Sebelum dikebumikan, jenazah sempat disemayamkan di rumah duka di Gang Pulo VI, Jalan Mayor Harun Kabir kelurahan Bojongherang, Cianjur.

Di sana digelar upacara serah terima jenazah dari pihak keluarga korban kepada Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah.

Selanjutnya, jenazah dibawa ke Masjid Agung Cianjur untuk dishalatkan. Selaku imam, Ketua MUI Cianjur, KH Abdul Halim dan diikuti seribuan jemaah dari personil TNI/Polri, pegawai pemerintah, pelajar, dan masyarakat umum.

Ipda Erwin Yudha Wildani merupakan satu dari empat anggota polisi yang mengalami luka bakar saat mengamankan aksi unjukrasa berujung anarkis di gerbang Pendopo Bupati Cianjur, Kamis (15/08/2019).

Korban Ipda Erwin yang terbakar sekujur tubuhnya mengalami luka bakar hampir 70 persen. 

Sedangkan tiga korban lainnya yang mengalami luka bakar mencapai 40 persen masih menjalani perawatan intensif di RS Hasan Sadikin Bandung.

Baca juga: Selamat Jalan Ipda Erwin, Polisi yang Dibakar Saat Kawal Demo di Cianjur Meninggal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com