Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Momen Politisi Main Seni Peran di Atas Panggung ...

Kompas.com - 26/08/2019, 06:31 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Seni peran dan politik adalah dua dunia yang berbeda. Namun tidak ada salahnya jika politikus bermain peran di atas panggung, seperti di pagelaran teater atau ketoprak.

Seperti yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang bermain ketoprak untuk meramaikan hari jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah di Pendopo Kabupaten Wonogiri, Sabtu (24/8/2019) malam.

Nah berikut 5 momen poltisi bermain seni peran di atas panggung:

 

1. Ganjar Pranowo jadi Pangeran Samber Nyowo

Inilah salah satu adegan saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memerankan sebagai Pangeran Samber Nyawa dalam Pagelaran Pentas Seni Ketoprak, Spesial Hari Jadi Ke-69, Provinsi Jateng dengan Lakon Laskar Bumi Nglaroh yang digelar di Pendopo Kantor Bupati Wonogiri, Sabtu ( 24 / 8 / 2019) malam.KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWI Inilah salah satu adegan saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memerankan sebagai Pangeran Samber Nyawa dalam Pagelaran Pentas Seni Ketoprak, Spesial Hari Jadi Ke-69, Provinsi Jateng dengan Lakon Laskar Bumi Nglaroh yang digelar di Pendopo Kantor Bupati Wonogiri, Sabtu ( 24 / 8 / 2019) malam.
Sabtu (24/8/2019) malam, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang bermain ketoprak untuk meramaikan hari jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah di Pendopo Kabupaten Wonogiri.

Penampilan Ganjar di atas panggung seni bukan yang pertama.

Di Wonogiri, Ganjar memerankan tokoh utama Raden Mas Said yang tenar dengan sebutan Pangeran Samber Nyowo.

Di masa lalu, Pangeran Samber Nyowo dikenal sebagai sosok putra keraton Surakarta yang getol melawan penjajah Belanda.

Pagelaran pentas seni ketoprak dengan lakon Laskar Bumi Nglaroh digelar di Pendopo Kantor Bupati Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo juga ikut bermain sebagai Nicholas (Jenderal Kolonial Belanda).

Ketoprak juga diramaikan oleh sejumlah pejabat Kabupaten Wonogiri. Sementara gamelan ketoprak dimainkan siswa-siwi SMP 5 Wonogiri.

Baca juga: Gelak Tawa Saat Ganjar Bermain Ketoprak, Banyak Improvisasi

 

2. Gubernur Bali Made Mangku Pastika jadi Mahaguru Drona

Gubernur Bali Made Mangku Pastika (kanan) bermain teater bersama seniman lainnya dalam rangkaian Bali Mandara Mahalango 2017 di Taman Budaya Denpasar, Sabtu (12/8). Gubernur Bali berperan sebagai Mahaguru Drono dalam kisah pewayangan Mahabarata dengan memadukan seni pewayangan, nyanyian dan komedi sehingga tetap mampu menghibur para pengunjung.ANTARA FOTO/Wira Suryantala Gubernur Bali Made Mangku Pastika (kanan) bermain teater bersama seniman lainnya dalam rangkaian Bali Mandara Mahalango 2017 di Taman Budaya Denpasar, Sabtu (12/8). Gubernur Bali berperan sebagai Mahaguru Drono dalam kisah pewayangan Mahabarata dengan memadukan seni pewayangan, nyanyian dan komedi sehingga tetap mampu menghibur para pengunjung.
Gubernur Bali Made Mangku Pastika bermain teater dengan tema Drama Klasikal Kolaborasi Mahaguru Drona di Taman Budaya Denpasar, Sabtu (12/8/2017).

Dalam drama tretrikal tersebut, Pastika tampil mengenakan pakaian dengan paduan putih kuning dengan rambut panjang tidak terawat. Ia berperan sebagai dukun politik.

Ini bukan kali pertama Pastika bermain teater. Dia sudah dua kali bermain sepanjang tahun ini, yakni pada pagelaran Pesta Kesenian Bali pada bulan Juni 2017 dan pageralan Bali Mandara Mahalango.

"Ini sebagai apresiasi saya kepada para seniman karena mereka sudah bekerja keras dan menunjukkan dedikasinya di bidang seni. Saya pikir, saya bolehlah ikut meramaikan saja," kata Pastika ditemui usai pementasan tersebut.

Baca juga: Gubernur Ikut Bermain Teater, PNS Tertawa Lepas

 

3. Djarot Syaiful Hidayat berperan sebagai abdi dalem

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bermain dalam pertunjukan ketoprak di Gedung Kesenian Jakarta, Minggu (21/8/2016) malam. Jessi Carina Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bermain dalam pertunjukan ketoprak di Gedung Kesenian Jakarta, Minggu (21/8/2016) malam.
Djarot Saiful Hidayat yang saat itu menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta berperan sebagai abdi dalem dalam pementaran ketoprak di Gedung Kesenian Jakarta, Jalan Pasar Baru, Minggu (21/8/2016).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com