Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Penembakan KKB di Wamena Direncanakan Bersama Egianus Kogoya

Kompas.com - 24/08/2019, 11:10 WIB
Dhias Suwandi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com — Lima anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang pada Jumat (23/08/2019) siang terlibat baku tembak dengan aparat TNI-Polri di Pasar Jibama, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, dipastikan bukan dari kelompok Egianus Kogoya.

Namun, Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto menyebut mereka sempat berkomunikasi dan merencanakan aksi bersama Egianus Kogoya.

"Mereka dari Mulia, tapi mereka bersama Egianus sempat mau bergabung untuk buat aksi di Wamena," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (24/8/2019).

Candra memastikan kelima orang KKB tersebut merupakan pecahan atau sempalan KKB yang selama ini berada di wilayah Piramid yang sudah tidak eksis.

Baca juga: Fakta Kontak Senjata di Wamena, Ingin Rampas Logistik hingga 1 Anggota KKB Tewas

"Dulu pimpinannya Yusak Tabuni, tapi sudah tidak eksis lagi. Tapi dengan Egianus ini mereka ingin bangkit lagi," katanya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menuturkan pada Jumat pagi sekitar pukul 10.30 WIT, setelah melakukan penyidikan, didapatkan informasi dari warga di pasar bahwa ada 5 laki-laki dengan membawa senjata laras panjang dan revolver mengancam para pedagang pasar.

Kemudian informasi tersebut diteruskan lewat radio kepada rombongan patroli gabungan TNI-Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya, Dandim, dan Danyon tentang keberadaan 5 orang bersenjata laras panjang dan revolver tersebut. 

Baca juga: Baku Tembak dengan KKB di Wamena, Jalur Habema ke Nduga Dibatasi

Aksi baku tembak di Pasar Jibama, 2 terluka, 1 tewas

Setibanya di Pasar Jibama, personel patroli gabungan langsung berhenti dan turun untuk menangkap 5 laki-laki tersebut.

Melihat kedatangan personel patroli gabungan, 4 anggota KKB langsung melarikan diri dengan membawa 2 senjata laras panjang ke belakang pasar sambil melepaskan tembakan ke arah anggota. 

Tembakan itu mengenai kaki seorang personel Polres Jayawijaya, Ipda Iwan, dan satu orang keamanan pasar di bagian perut.

Empat orang tersebut lari dan satu orang bersembunyi di dalam mobil Kijang warna hijau yang diparkir di terminal Pasar Jibama.

Baca juga: TNI: KKB di Wamena Ingin Rampas Logistik di Pasar Jibama

"Kemudian Kapolres Jayawijaya beserta anggota berusaha mendekati mobil kijang hijau yang sudah terkepung dengan dilindungi oleh mobil armor timsus Polda Papua," kata Kamal.

Saat Kapolres Jayawijaya dan anggota tepat berada di samping mobil Kijang hijau, anggota KKB yang ada di dalam Kijang melakukan perlawanan dengan menembak ke arah Kapolres sebanyak dua kali yang disambut anggota Polri dengan tembakan gas air mata ke dalam mobil.

"Anggota lalu melepaskan tembakan peringatan, tetapi anggota KKB di dalam mobil Kijang kembali melepaskan tembakan sebanyak dua kali ke arah anggota sehingga anggota melepaskan tembakan ke arah anggota KKB di dalam mobil Kijang tersebut," katanya.

Kamal menyebut aparat keamanan kemudian mendobrak pintu mobil tersebut dan mendapati anggota KKB bernama Yusia Wandik (27) sudah tidak bernyawa.

Baca juga: Baku Tembak dengan KKB di Wamena, Satu Polisi dan Banpol Terluka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com