Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Revitalisasi Pasar Cisarua, Ridwan Kamil Sebut Bakal Ada Wisata Khas Bogor

Kompas.com - 22/08/2019, 22:19 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil didampingi Bupati Bogor Ade Yasin melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) revitalisasi Pasar Rakyat Cisarua di Desa Citeko RT 003 RW 003, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019).

Revitalisasi akan dikerjakan secara bertahap dan berfokus pada pembangunan blok D yang berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi tahun 2019 sebesar 10 miliar.

Sebelumnya, Pasar Cisarua belum mendapatkan sentuhan revitalisasi sejak terakhir diresmikan pada 20 Agustus 1990 lalu, oleh Gubernur Jawa Barat, Moh Yogie S Memet pada masa itu.

Baca juga: Ridwan Kamil Akan Menambah Jumlah Desa di Jawa Barat

"Alhamdulillah kehormatan pertama di pasar ini dan kami tahu ini belum maksimal tapi minimal kami sebut tahap pertama, nanti kami lanjut dengan proses berikutnya dan keistimewaan Pasar Cisarua karena dia ada irisan dengan pariwisatanya," kata Emil.

Emil mengatakan, pihaknya akan merevitalisasi sebanyak 48 kios dan 269 los yang nantinya akan diisi dengan sejumlah komoditi seperti ikan, daging, dan sayur mayur.

"Pasar ini nanti tidak hanya untuk warga Bogor di sekitar Cisarua, tapi harus ada wisata-wisata yang unik, khas (Bogor)," ucap dia.

Pada tahap pengembangan selanjutnya, Emil juga berharap adanya fasilitas penunjang di pasar tersebut.

Kemudian, dibangunnya kios suvenir agar kedepannya bisa mengundang para wisatawan untuk berbelanja.

"Keunikan barang-barang (Bogor) bisa jadi seperti pernak-pernak suvenir, kan bukan membeli barang-barang harian, berarti perbanyak kios kios suvenir, itu nanti yang akan kami pikirkan juga," ujar dia.

Baca juga: Muncul Wacana Bekasi Gabung Jakarta dan Bogor Raya, Ini Kata Ridwan Kamil

"Jadi, datanglah kembalilah ke pasar tradisional yang Insya Allah kebersihannya, keamanannya juga nyaman buat para wisatawan dan tentunya bagi ekonomi menengah ke atas juga," sambung dia.

Ia juga menjanjikan akan ada ratusan pasar dalam 5 tahun ke depan yang akan diperbaiki dan dibangun, sehingga bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Ia menyebut, Pemerintah Provinsi Jabar nantinya akan mengadakan perlombaan pasar dengan indikatornya yakni arsitektur pasar unik serta manajemen yang paling baik.

"Kalau itu terjadi, Insya Allah itulah ekonomi Pancasila yang kita harapkan dan tentunya untuk Kabupaten Bogor, silahkan ajukan pasar-pasar lainnya dan akan didukung Pemerintah Provinsi Jabar dan nanti akan ada lomba pasar hadiahnya mobil," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com