Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Puluhan Ekor Hiu Muncul ke Tepi Pantai di Nusa Dua Bali, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 22/08/2019, 19:47 WIB
Robertus Belarminus

Editor

BADUNG, KOMPAS.com - Gerombolan hiu jenis Blacktip terlihat di perairan pantai Pulau Peninsula, kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, dalam beberapa hari terakhir.

Munculnya hiu-hiu ini disebut alamiah dan tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Suko Wardono mengatakan, munculnya hiu hingga ke tepian karena mengikuti mangsanya.

Kebetulan di wilayah perairan tersebut sedang musim ikan yang menjadi mangsa hiu. Ikan-ikan tersebut di antaranya pelagis, tongkol, kembung, dan lemuru.

Baca juga: Buaya Muncul di Pantai Carocok Diduga karena Pembuangan Sisa Hewan Kurban

"Itu ceritanya dari pengalaman masyarakat nelayan memang sedang musim ikan yang dijadikan makanan hiu. Jadi hiu mendatanginya," kata Suko, saat dihubungi, Kamis (22/8/2019).

Ia meminta kepada masyarakat untuk tak mendekatinya hiu yang muncul di kawasan itu. Sebab, hiu tetaplah binatang liar yang bisa saja menjadi buas.

"Jangan terlalu didekati. Ikan hiu kan buas. Kalau ada yang besar tentu membahayakan. Karena semakin besar semakin buas," kata dia.

Sementara itu, Pariama Hotasoit, penyelam dari Nusa Dua Reef Foundation (NDRF) mengatakan, sudah seminggu terakhir melihat kawanan hiu tersebut.

Ia mulanya tahu dari video yang sempat viral dari sejumlah media sosial di Bali.

"Saya sendiri dapat kabarnya beberapa hari yang lalu lewat video yang disebar luaskan. Saya tidak tahu pasti jumlahnya berapa, tetapi banyak dan menurut laporan masyarakat yang saya jumpai sekitar 60 dan 70 katanya, tapi tentu saja itu harus dibuktikan," kata dia.

Dari yang ia amati, hiu tersebut berjenis Blacktip. Hiu ini dikenal memiliki habitat di sekitar terumbu karang kawasan Indo Pasifik.

Baca juga: Buaya yang Muncul di Pantai Belum Tertangkap, Ini Kata BKSDA Maluku

 

Menurut dia, hiu ini cenderung tidak agresif dan memilih menjauh saat didekati warga.

"Sebenarnya Blacktip tidak berbahaya dia tidak agresif dan tidak menyerang manusia. Belum tahu kenapa dia sudah satu Minggu ini di perairan dangkal Nusa Dua," kata dia.

Sebagaimana diketahui, video kawanan hiu ini viral di sejumlah media sosial Bali.

Dikutip dari akun Instagram @denpasar.viral, hiu tersebut tertangkap kamera wisatawan pada Selasa (20/8/2019) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com