Warga Percaya Air yang Tiba-tiba Muncul di Gunungkidul Bawa Kesembuhan

Kompas.com - 21/08/2019, 14:10 WIB
Suyadi (berkaus biru) bersama warga memanfaatkan air bersih yang tiba-tiba keluar dari ladang tandus di Widoro Lor, Desa Bendung, Semin, Gunungkidul, Yogyakarta, Rabu (21/8/2019). KOMPAS.com/MARKUS YUWONOSuyadi (berkaus biru) bersama warga memanfaatkan air bersih yang tiba-tiba keluar dari ladang tandus di Widoro Lor, Desa Bendung, Semin, Gunungkidul, Yogyakarta, Rabu (21/8/2019).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Air yang muncul di lahan pertanian tandus di Padukuhan Widoro Lor, Desa Bendung (sebelumnya Benduangan), Kecamatan Semin, Gunungkidul, Yogyakarta, dipercaya masyarakat sekitar dapat membawa kesembuhan.

Hal itu membuat warga berbondong-bondong membawa pulang air itu. Selain itu, warga juga merasakan rasa manis dari air yang tiba-tiba muncul di lahan kering milik warga tersebut.

"Airnya rasanya ada manis-manisnya," kata Suratman salah seorang warga yang mendatangi lokasi, Rabu (21/8/2019)

Baca juga: Bikin Heboh, Air Bersih Tiba-tiba Muncul dari Lahan Gersang di Gunungkidul

Rasa segar ini karena langsung berasal dari sumber air. Bahkan dari beberapa cerita warga yang sudah memasak air, tidak ditemukan zat kapur.

"Berbeda rasanya dan lebih segar dari pada air mineral," ujarnya. 

Warga lainnya, Sulami mengatakan, membawa pulang air bersih langsung dari sumber air untuk minum saudaranya yang sedang sakit asam lambung.

"Kemarin sudah bawa pulang, dan kondisinya lebih baik. Ini bawa lagi semoga cepat sembuh," katanya. 

Baca juga: Massa Lempar Batu ke Arah Wali Kota Sorong, Polisi Lepaskan Gas Air Mata

Pemilik sumur, Suyadi mengatakan, pembuatan sumur bor ini sudah menjadi mimpinya sejak dua tahun lalu.

Sebab, di sekitar lahan pertanian miliknya tidak ada sumur, sehingga para petani hanya bisa menanam saat musim penghujan.

Saat musim kemarau, mereka memanfaatkan sumber air dari sungai yang hanya bertahan beberapa pekan.

"Saya melihat desa sebelah memiliki sumur bor, sedangkan di daerah saya belum ada sumur bor. Saya berdoa agar bisa membuat sumur bor. Alhamdulillah sumur sudah ada bahkan sampai menyembur. Semoga bisa dimanfaatkan untuk masyarakat dan lahan pertanian," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X