Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidan 24 Tahun di Banyumas Jadi Anggota DPRD Termuda, Ini Pesannya untuk Milenial

Kompas.com - 20/08/2019, 15:39 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebanyak 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah periode 2019-2024 resmi dilantik, Selasa (20/8/2019).

Di antara 50 anggota dewan tersebut, sosok Alfiatun Khasanah yang paling menyedot perhatian publik. Alfiatun yang kini baru menginjak usia 24 tahun tersebut merupakan anggota DPRD Banyumas termuda.

Alfiatun mengatakan awalnya memutuskan maju dalam kontestasi Pilkada 2019 karena ingin mengubah paradigma generasi muda terhadap dunia politik. Di mana sebagian besar generasi milenial enggan terlibat dalam dunia politik.

Untuk anak muda, jangan takut berpolitik, mungkin menurut kalangan anak muda politik itu serem," kata anggota DPRD dari Partai Gerindra ini seusai pelantikan di gedung DPRD Banyumas di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa.

Baca juga: Agenda Rapat Dengarkan Pidato Jokowi, Separuh Anggota DPRD di Tanjab Bolos

"Padahal dengan berpolitik kita bisa ikut menentukan kebijakan pemerintah. Tanpa kita sadari, harga bahan pokok, tarif listrik dan lainnya tidak terlepas dari proses politik," lanjut Alfiatun.

Sebelum terjun ke dunia politik, warga Desa Pasir Kulon Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas ini berprofesi sebagai bidan. Alfiatun juga cukup lama berkecimpung dalam dunia kecantikan.

"Dengan menjadi anggota dewan saya bisa lebih sering bersentuhan, berkomunikasi dengan masyarakat. Bisa menambah saudara, menambah teman," ujar Alfiatun.

Sebagai generasi milenial, Alfiatun mengatakan akan berupaya memperjuangkan persoalan yang dihadapi para generasi muda. Dia memandang masih banyak generasi muda yang belum mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Tak Suka Umbar Janji, Caleg Milenial Ini Memilih Tularkan Ilmu Kewirausahaan di Warkop-warkop

"Saya akan menjalankan semaksimal mungkin sesuai dengan tupoksi anggota dewan. Mungkin sekarang banyak sekali generasi milenial yang masih pengangguran, saya akan berusaha menjembatani atau menjadi penyambung lidah," kata Alfiatun.

Alfiatun mengaku berhasil menduduki kursi DPRD untuk kali pertama ini berkat dukungan banyak pihak, termasuk para generasi muda. Selain itu, dukungan dan doa orang tua juga selalu mengiringi langkahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com