Menjemput Sehat di Posyandu Lansia...

Kompas.com - 19/08/2019, 18:22 WIB
Lokasi Posyandu Lestari 2 yang ada di wilayah Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa, Timur. KOMPAS.com/M.AGUS FAUZUL HAKIMLokasi Posyandu Lestari 2 yang ada di wilayah Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa, Timur.


KEDIRI, KOMPAS.com - Lestari setiap bulannya biasa melakukan pengecekan kesehatannya secara rutin.

Baginya, itu adalah kemewahan karena betapa dia menyadari pentingnya arti kesehatan pada tubuhnya yang terus digerogoti usia.

Fasilitas kesehatan itu didapatnya dari Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) khusus lanjut usia (lansia) yang ada di daerahnya, yakni Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Jawa Timur.

Pada posyandu yang kebetulan mempunyai nama yang sama dengannya, yakni Lestari itu, dia bisa mengakses fasilitas kesehatan dasar semisal cek tensi darah, hingga pengecekan kadar kolesterol.

"Posyandu itu sangat penting dan berarti bagi saya," ujar wanita usia 54 tahun itu, Sabtu (17/8/2019).

Baca juga: Cerita Pengasuh Pesantren Berupaya Kembangkan Kurma di Kediri

Ketua Posyandu Lestari, Dwi Maya Retnowangsri Eni, menuturkan, posyandu lansia yang dipimpinnya itu sudah berdiri sejak 2007 silam dan memang banyak sekali manfaatnya.

Secara rutin, para anggotanya melakukan pertemuan yang berisi berbagai macam agenda tiap Rabu pertama setiap bulannya.

"Anggota yang hadir bisa mencapai 40 orang tiap pertemuan," ujar wanita yang sudah cukup sepuh ini.

Eni, panggilan wanita itu, mengatakan, anggotanya memang tidak terlalu banyak karena hanya dalam lingkup 3 rukun tetangga saja. Satu kelurahan di Lirboyo menurutnya ada 3 Posyandu lansia.

Tiap pertemuan di Posyandu Lestari, selalu ada kegiatan yang berorientasi pada kesehatan, semisal senam.

Sedangkan pelayanan kesehatan meliputi timbang badan, cek tensi darah, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, hingga pemeriksaan lanjutan.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X