5 Hektare Lahan di Pandanan Lombok Utara Terbakar

Kompas.com - 19/08/2019, 17:12 WIB
Petugas Satgas Karhutla KLU dan Satgas Karhutla NTB memadamkan api yang membakar lahan di Pandanan, Lombok Utara. Dok. Humas Polda NTBPetugas Satgas Karhutla KLU dan Satgas Karhutla NTB memadamkan api yang membakar lahan di Pandanan, Lombok Utara.

MATARAM, KOMPAS.com - Kebakaran lahan terjadi di Dusun Pandanan, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Minggu (18/8/2019).

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Purnama menyebutkan, asap pertama kali dilihat oleh warga pada pukul 11.00 Wita di Dusun Nipah.

"Lokasi kebakaran merupakan lahan semak belukar ini terjadi di Dusun Nipah, tidak jauh beda dengan lokasi kebakaran pada hari Kamis lalu. Di mana kondisi masih musim kemarau, angin yang kencang dan terdapat banyak pohon yang kering pada lokasi tersebut," terang Purnama, melalui keterangan tertulis, Senin (19/8/2019).

Sore hari, api sempat membesar dan merambat. Api baru bisa dikendalikan sekitar pukul 16.00 Wita.

Baca juga: KLHK: 135.747 Hektar Lahan Terbakar Sepanjang Januari-Juli 2019

Api dapat dipadamkan oleh 6 personel Polsek Pemenang, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar, dengan menggunakan alat seadanya.

Namun, pada pukul 17.00 Wita, titik api kembali muncul di lokasi yang letaknya berdekataan dengan lokasi kebakaran pertama, dan merambat sampai ke lahan di Dusun Pandanan.

Aparat gabungan dari Polres Lombok Utara, Damkar, dan warga setempat, terus mencoba melakukan pemadaman api hingga malam hari.

Purnama menyebutkan, lahan yang terbakar sekitar 5 hektare yang di dominasi semak belukar.

Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sudjana tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 21.00 Wita. Termasuk Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar.

Kapolda Nana yang datang ke lokasi, langsung memimpin Satgas Karhutla untuk memadamkan api.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X