KILAS DAERAH

Gubernur Emil: Butuh Visi Kuat untuk Kembangkan Potensi Jawa Barat

Kompas.com - 19/08/2019, 13:18 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyerahkan hadiah bagi ASN Pemprov Jabar dalam rangkaian HUT ke-74 Jabar di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Senin (19/8/2019). Dok. Humas Pemprov Jawa BaratGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyerahkan hadiah bagi ASN Pemprov Jabar dalam rangkaian HUT ke-74 Jabar di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Senin (19/8/2019).

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat ( Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, Provinsi Jabar dengan identitas kesukuan Sunda, Melayu Betawi dan Cirebon, memiliki beragam potensi untuk mendorong keadilan dan pembangunan ekonomi.

Gubernur yang akrab disapa Emil ini menambahkan, provinsi tersebut juga dianugerahi desa-desa dengan potensi alam luar biasa serta kota-kota dengan kemampuan sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi.

Dengah berbagai potensi itu, menurutnya, Jabar telah tumbuh pesat dan menjelma menjadi pusat industri, pusat pendidikan, pusat ekonomi kreatif, pusat inovasi, dan pusat pariwisata.


“Makanya Jawa Barat dianugerahi sebagai provinsi paling mempesona dan destinasi wisata halal unggulan,” tutur Emil dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (19/8/2019).

Baca juga: Terpikat Pesona Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Untuk terus mengembangkan potensi itu, menurut Emil, dibutuhkan visi kuat tentang bagaimana melahirkan manusia Jawa Barat yang beriman, bahagia, dan berkualitas.

“Pembangunan Jawa Barat membutuhkan pendekatan keseimbangan antara keadilan dan pertumbuhan ekonomi, pemahaman komprehensif antara desa dan kota,” terang Emil.

Di sisi lain, pembangunan tersebut memiliki tantangan. Salah satunya adalah jumlah penduduk Jabar yang mencapai 48,7 juta jiwa. Angka ini diprediksi akan bertambah menjadi 50 juta jiwa pada 2021.

“Tantangan terbesar kami sebagai penyelenggara negara adalah memberikan pelayanan optimal terhadap warga Jawa Barat yang jumlahnya 1,5 kali penduduk Malaysia,” katanya.

Baca juga: Kloter Pertama Jemaah Haji Asal Jawa Barat Tiba di Indonesia

Hal tersebut Emil sampaikan dalam acara peringatan HUT ke-74 Provinsi Jawa Barat, di Lapangan Gasibu, Bandung, Senin (19/8/2019).

Hadiah untuk ASN

Pada kesempatan itu, Emil turut membagikan hadiah bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka program “Nasabah Setia” Bank Jabar Banten ( BJB).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X