Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mabes TNI AL: 3 ABK Pelaku Perkelahian di KM Mina Sejati Diketahui Membawa Parang

Kompas.com - 19/08/2019, 12:52 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabes TNI AL) menyebut tiga Anak Buah Kapal (ABK) yang menjadi otak pelaku perkelahian diatas KM Mina Sejati saat ini masih berada di atas kapal tersebut bersama 12 ABK lainnya.

Tiga ABK tersebut yakni Nurul Huda (Masinis), Ferri Dwi Lesmana dan Qersim ibnu Malik. Ketiganya saat ini masih berada di atas kapal sambil membekali diri mereka dengan senjata tajam.

“Ya mereka terduga pelaku menggunakan parang,” kata  Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal kepada Kompas.com via telepon selulernya, Senin (19/8/2019).

Zaenal mengatakan pihak TNI AL belum bisa memaksa masuk ke dalam kapal karena dikhawatirkan akan ada korban yang kembali berjatuhan.

Baca juga: Mabes TNI AL: Insiden KM Mina Sejati Bukan Pembajakan Tapi Aksi Kriminal

 

Untuk langkah pencegahan, TNI AL saat ini masih terus melakukan upaya pendekatan dengan para ABK yang berada diatas kapal tersebut dengan terus berupaya melakukan komunikasi.

“Pendekatan yang kita lakukan sambil melakukan pengawasan untuk untuk menganalisa apa yang sebenarnya terjadi di kapal. Kita harus lebih hati-hati karena khawatirnya akan terjadi jatuh korban berikutnya,”ungkapnya.

Terkait motif di balik aksi perkelahian yang menyebabkan 7 ABK tewas tersebut, Zaenal belum bisa memberikan penjelasan secara lengkap karena pihaknya sampai saat ini masih berupaya untuk menolong para ABK di atas kapal tersebut.

Dia menekankan bahwa insiden yang terjadi di atas KM Mina Sejati itu merupakan murni tindakan kriminal dan bukan merupakan aksi perompakan atau pembajakan sebagaimana yang ramai diberitakan.

Baca juga: KM Mina Sejati Dibajak, Polisi Menduga Ada Masalah Internal Sesama ABK

“Perlu digaris bawahi di sini bahwa kejadian tersebut bukan perompakan atau pembajakan,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, insiden keributan antarsesama ABK di atas KM Mina Jaya terjadi saat kapal tersebut sedang berlayar di perairan Kepulauan Aru pada Sabtu (17/8/2019) kemarin.

Insiden itu mengakibatkan 7 ABK tewas dan 11 lainnya selamat setelah berhasil melompat ke laut. Sementara 15 ABK lainnya masih berada di dalam kapal tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com