Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Mahasiswa Papua "Long March" Menuju Kantor Gubernur dan DPRD Provinsi

Kompas.com - 19/08/2019, 11:48 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Ribuan mahasiswa Papua melakukan "long march" menuju Kantor Gubernur Papua dan DPRD Provinsi Papua di Jayapura, Senin (19/8/2019).

Dilansir dari KompasTV, para demonstran tersebut memprotes atas persekusi dan rasisme yang terjadi di Malang dan Surabaya terhadap warga Papua, pada hari Sabtu (17/8/2019).

Jurnalis KompasTV, Findi Rakmeni, menjelaskan, sebagian besar massa mahasiswa berjalan kaki menyusuri jalan utama di Kota Jayapura.

Sebagian massa tampak menggunakan sepeda motor dan sesekali menunggu rekan-rekan mereka yang berjalan kaki. 

Selama perjalanan, massa juga melakukan orasi dan membentangkan spanduk bertuliskan protes terkait tindakan persekusi dan rasisme yang menimpa sejumlah warga Papua di Malang dan Surabaya.

Baca juga: Warga di Manokwari Bakar Ban dan Blokade Jalan, Protes Tindakan Rasisme ke Mahasiswa Papua

Sementara itu, menurut Findi, aksi "long march" tidak terlalu mendapat penjagaan ketat dari aparat keamanan. Namun demikian, aktivitas warga di sekitar jalur "longmarch" berjalan seperti biasa. 

Findi juga menjelaskan, Ketua DPRD Provinsi Papua dan Gubernur Papua diketahui telah berjanji akan menemui para pendemo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com