Status Masih Waspada, Tak Ada Perayaan 17-an di Puncak Gunung Slamet

Kompas.com - 16/08/2019, 14:59 WIB
Kondisi Gunung Slamet terlihat jelas dari sekitar Pos Pendakian Bambangan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jum'at (16/82019).KOMPAS.COM/DOKUMENTASI POS PENDAKIAN BAMBANGAN Kondisi Gunung Slamet terlihat jelas dari sekitar Pos Pendakian Bambangan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jum'at (16/82019).

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Tahun ini tidak ada perayaan HUT Kemerdekaan RI di puncak Gunung Slamet.

Seluruh jalur pendakian hingga Jumat (16/8/2019) ini masih ditutup, karena Gunung Slamet masih dalam status waspada (level II).

"Jalur pendakian yang kami kelola masih ditutup, (sehingga) tidak ada peringatan 17-an di puncak," kata Junior Manajer Bisnis Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur Sugito saat dihubungi, Jumat.

Baca juga: Sebagian Jalur Evakuasi Erupsi Gunung Slamet Rusak


Sugito mengatakan, jalur pendakian yang dikelola Perhutani Banyumas Timur meliputi jalur Bambangan dan Gunung Malang di Kabupaten Purbalingga serta jalur Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Koordinator SAR Pos Bambangan Slamet Ardiansyah mengatakan, biasanya pada momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI di tahun-tahun sebelumnya.

Saat peringatan tercatat ada ribuan orang mendaki gunung tertinggi di Jawa Tengah tersebut.

"Jalur masih ditutup karena statusnya masih level II, karena sudah tahu statusnya level II, para pendaki (memilih) naik ke gunung yang dibuka, seperti Gunung Sindoro, Prau dan Merbabu," ujar Slamet.

Baca juga: Dosen Unsoed: Aktivitas Gunung Slamet yang Meningkat Bisa Jadi Potensi Wisata

Seperti diketahui, jalur pendakian ditutup sejak Jumat (9/8/2019) pekan lalu menyusul naiknya status Gunung Slamet menjadi waspada.

Penutupan hanya berselang satu hari setelah jalur pendakian dibuka kembali, Kamis (8/8/2019).

Sebelumnya jalur pendakian sempat ditutup sekitar dua pekan untuk pembersihan jalur dan pemulihan ekosistem.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X