Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang 17 Agustus: Kibarkan Merah Putih Raksasa hingga Bangun Gapura Kartun

Kompas.com - 16/08/2019, 13:43 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Sabtu (17/8/2019) besok, seluruh warga Indonesia bakal memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Beragam cara pun dilakukan untuk merayakan dan menghormati agenda tersebut, termasuk para jajaran kepolisian yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Bersama dengan unsur TNI, jajaran Muspika dan masyarakat, jajaran Polres Lamongan mengibarkan bendera 'raksasa' dengan ukuran 30x4 meter. 

Pengibaran bendera raksasa ini di ketinggian 700 meter dari permukaan laut di Gunung Ratu, yang terletak di Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Lamongan.

Baca juga: Tugu Sentul Jombang, Monumen Pejuang Kemerdekaan yang Kini Tak Terawat

Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, pengibaran bendera melambangkan semangat dan bentuk penghargaan polisi kepada pengorbanan para pejuang dalam membela NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dari penjajah.

"Sekaligus, sebagai pesan kepada masyarakat agar lebih cinta terhadap negerinya, seperti yang sudah dilakukan oleh para pejuang," kata AKBP Feby DP Hutagalung, Jumat (16/8/2019).

Bangun gapura kartun berpakaian adat

Gapura masuk Mapolres Lamongan, yang sengaja didesain dengan tokoh anak menggunakan beragam baju adat.KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Gapura masuk Mapolres Lamongan, yang sengaja didesain dengan tokoh anak menggunakan beragam baju adat.
Tidak hanya pengibaran Sang Saka Merah-Putih berukuran raksasa, jajaran Polres Lamongan juga melakukan desain pada gapura masuk Mapolres dengan menampilkan tokoh kartun anak-anak menggunakan beragam pakaian adat, yang membuat tampilan Mapolres Lamongan terlihat cukup apik.

"Itu menggambarkan keberagaman masyarakat Indonesia, bahu-membahu untuk manusia Indonesia yang lebih unggul," ucap dia.

Dalam desain tokoh kartun tersebut, tampak seakan bergerak dalam memberikan sambutan kepada tamu maupun masyarakat yang hendak berkunjung ke Mapolres Lamongan.

Baca juga: HUT RI 17 Agustus, LRT Palembang Gratis untuk Umum

"Membangun Indonesia yang maju. Sesuai dengan tema perayaan HUT RI kali ini yang bertema SDM (Sumber Daya Manusia) maju, Indonesia unggul," ujar Kapolres Lamongan.

Selain itu, tidak lupa pula jajaran Polres Lamongan pun menggelar acara doa bersama dengan masyarakat dan ulama setempat, untuk memohon kepada Yang Kuasa supaya Indonesia tetap dalam lindungan, diberikan ketentraman serta keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com