Jelang 17 Agustus: Kibarkan Merah Putih Raksasa hingga Bangun Gapura Kartun

Kompas.com - 16/08/2019, 13:43 WIB
Bendera ukuran 30x4 meter yang berkibar di Gunung Ratu di Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Lamongan.KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Bendera ukuran 30x4 meter yang berkibar di Gunung Ratu di Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Lamongan.

LAMONGAN, KOMPAS.com - Sabtu (17/8/2019) besok, seluruh warga Indonesia bakal memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Beragam cara pun dilakukan untuk merayakan dan menghormati agenda tersebut, termasuk para jajaran kepolisian yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Bersama dengan unsur TNI, jajaran Muspika dan masyarakat, jajaran Polres Lamongan mengibarkan bendera 'raksasa' dengan ukuran 30x4 meter. 


Pengibaran bendera raksasa ini di ketinggian 700 meter dari permukaan laut di Gunung Ratu, yang terletak di Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Lamongan.

Baca juga: Tugu Sentul Jombang, Monumen Pejuang Kemerdekaan yang Kini Tak Terawat

Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung mengatakan, pengibaran bendera melambangkan semangat dan bentuk penghargaan polisi kepada pengorbanan para pejuang dalam membela NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dari penjajah.

"Sekaligus, sebagai pesan kepada masyarakat agar lebih cinta terhadap negerinya, seperti yang sudah dilakukan oleh para pejuang," kata AKBP Feby DP Hutagalung, Jumat (16/8/2019).

Bangun gapura kartun berpakaian adat

Gapura masuk Mapolres Lamongan, yang sengaja didesain dengan tokoh anak menggunakan beragam baju adat.KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Gapura masuk Mapolres Lamongan, yang sengaja didesain dengan tokoh anak menggunakan beragam baju adat.
Tidak hanya pengibaran Sang Saka Merah-Putih berukuran raksasa, jajaran Polres Lamongan juga melakukan desain pada gapura masuk Mapolres dengan menampilkan tokoh kartun anak-anak menggunakan beragam pakaian adat, yang membuat tampilan Mapolres Lamongan terlihat cukup apik.

"Itu menggambarkan keberagaman masyarakat Indonesia, bahu-membahu untuk manusia Indonesia yang lebih unggul," ucap dia.

Dalam desain tokoh kartun tersebut, tampak seakan bergerak dalam memberikan sambutan kepada tamu maupun masyarakat yang hendak berkunjung ke Mapolres Lamongan.

Baca juga: HUT RI 17 Agustus, LRT Palembang Gratis untuk Umum

"Membangun Indonesia yang maju. Sesuai dengan tema perayaan HUT RI kali ini yang bertema SDM (Sumber Daya Manusia) maju, Indonesia unggul," ujar Kapolres Lamongan.

Selain itu, tidak lupa pula jajaran Polres Lamongan pun menggelar acara doa bersama dengan masyarakat dan ulama setempat, untuk memohon kepada Yang Kuasa supaya Indonesia tetap dalam lindungan, diberikan ketentraman serta keamanan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X