Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Senang Usulan KRL Sampai Karawang Direspons, tetapi...

Kompas.com - 16/08/2019, 10:11 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Karawang mengapresiasi jika Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) sampai Karawang. Sebab, hal tersebut akan memudahkan transportasi bagi masyarakat dari dan ke Karawang.

"Itu yang kami harapkan," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang Eka Sanata, Jumat (16/8/2019).

Hanya saja, kata Eka, ada beberapa hal yang mesti disiapkan terkait perpanjangan lintasan KRL sampai Karawang, terutama soal kesiapan rel kereta.

"Mungkin masih jauh (lama). Tapi kami mengapresiasi wacana tersebut," katanya.

Baca juga: 5 Fakta Terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Dilengkapi Restorasi hingga Melesat 350 Km Per Jam

Pemkab Karawang, kata Eka, sudah mengusulkan lintasan KRL sampai Karawang kepada Kementerian Perhubungan. Bahkan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Kita menyambut positif kalau itu direspons. Karena untuk memudahkan masyarakat Karawang," katanya.

Rencananya, minggu ini ia beserta bupati dan sekda Karawang akan bertemu untuk membahas lebih lanjut masalah KRL. Namun karena terbentur kegiatan agustusan, pertemuan itu bakal dijadwalkan ulang.

"Mudah-mudahan untuk membahas itu," katanya.

Eka menyebutkan, pihaknya menunggu akses KRL sampai Karawang. Ada beberapa kereta jarak jauh yang juga berhenti di Stasiun Karawang, seperti Kereta Singosari dan Jayabaya.

Ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang hendak bepergian dari dan ke Karawang dengan waktu yang cepat.

"Dari Stasiun Karawang sampai Stasiun Pasar Senen sekitar 57 menit. Saya sudah mencoba," katanya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendapat usulan perpanjangan rute langsung dari Direktur Utama Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti saat perjalanan ke Bekasi dengan Budi Karya menggunakan KRL, dari Stasiun Juanda ke lokasi peresmian Stasiun Metland Telaga Murni, Bekasi. Wiwik menyebutkan Karawang mengajukan KRL sampai kota Pangkal Perjuangan.

Baca juga: Beragam Respons Warga soal Kereta Cepat Jakarta-Karawang Cuma 15 Menit

Budi Karya menyambut positif usulan itu. Namun, ia mengaku masih perlu melakukan finalisasi fisik rel KRL menuju Karawang dan itu ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com