Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paksa Kibarkan Bendera Bulan Bintang di Halaman Kantor DPRA, 5 Mahasiswa Ditangkap

Kompas.com - 15/08/2019, 23:16 WIB
Raja Umar,
Khairina

Tim Redaksi

 

BANDA ACEH, KOMPAS.com- Polresta Banda Aceh mengamankan lima orang mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi bertepatan peringatan 14 tahun Perdamaian Aceh (MOU Helsinki) di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).  

Aksi puluhan mahasiswa itu sebelumnya mendesak DPRA untuk menyelesaikan masalah kekhususan Aceh, termasuk lambang dan bendera bulan bintang yang belum disahkan.

“Aksi mahasiswa itu sebenarnya tanpa izin, kemudian anggota kami tadi di lapangan memfasilitasi mereka melakukan aksi dengan damai dan kordinatornya membuat pernyataan tidak menaikkan bendera bulan bintang,” kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (15/8/2019).

Baca juga: Bolehkah Bendera Bulan Bintang Dikibarkan dalam Kampanye?

Menurut Trisno, lima orang mahasiswa diamankan setelah mereka melempar petugas dan memprovokasi hingga terjadi saling dorong antara pendemo dan polisi.

Mahasiswa memaksa ingin menurunkan bendera merah putih dan menggantikan dengan bendera bulan bintang di tiang halaman kantor DPRA.

“Tadi sekitar pukul 16.00 WIB saat petugas mau shalat, mahasiswa tiba-tiba lari ke tiang bendera ingin menurunkan bendera merah putih dan menaikkan bendera bulan bintang di tiang depan DPRA,” katanya.

Baca juga: Bendera Bulan Bintang Warnai Kampanye Akbar Partai Aceh

Masih kata Trisno, lima orang mahasiwa yang diduga melakukan melempar dan memprovokasi hingga terjadi kericuhan itu saat ini sedang diperiksa di Mapolresta Banda Aceh.

"Kalau nantinya selesai selama waktu 1 x 24 jam pemeriksaan tidak ada tindak pidana ya kita pulangkan,” ujar Trisno. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com