Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lucu, Pejabat Setingkat Camat "Gaptek" Pakai Komputer Saat Ujian Lelang Jabatan

Kompas.com - 15/08/2019, 15:34 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Sebanyak 51 pejabat mengikuti open bidding untuk menempati delapan posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemkab Sumedang, Kamis (15/8/2019).

Hari ini, open bidding memasuki tahap tes penulisan makalah. Pelaksanaan tes dilakukan di SMAN 1 Sumedang.

Uniknya, ternyata banyak pejabat setingkat camat, kepala bagian yang mengikuti tes penulisan makalah ini gaptek menggunakan perangkat komputer masa kini.

Pantauan Kompas.com, di dalam ruangan ujian, banyak pejabat yang tampak kebingungan menggunakan perangkat komputer.

Baca juga: Berkat Lelang Jabatan, Camat ini Jadi Kabiro Kesra Setda Jateng

 

Beberapa di antaranya juga terlihat ada yang menggunakan jurus sebelas jari alias dua jari telunjuk.

Namun, 51 peserta ujian yang berasal Ciamis, Cirebon, Bandung, BPKP Pusat ini tetap serius mengerjakaan soal ujian berupa makalah tersebut.

"Kalau bahan makalahnya sudah ada di kepala, cuma sedikit gagap menggunakan komputer. Gagap di mesin ketik (keyboard)," ujar salah seorang peserta open bidding asal Sumedang kepada Kompas.com saat keluar ruangan untuk istirahat sejenak, Kamis.

Bisa dimaklumi

Sebanyak 51 pejabat ikuti tes tulis makalah open bidding di SMAN 1 Sumedang, Kamis (15/8/2019). KOMPAS.com/AAM AMINULLAH Sebanyak 51 pejabat ikuti tes tulis makalah open bidding di SMAN 1 Sumedang, Kamis (15/8/2019).
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang sekaligus panitia pelaksana open bidding, Endi Ruslan mengakui jika ada beberapa pejabat yang menjadi peserta terlihat gagap dalam mengoperasionalkan komputer. Khususnya saat mengetik naskah makalah.

"Iya terlihat ada yang gagap. Tapi bisa dimaklumi karena alat ketik atau komputer zaman dulu dengan zaman sekarang itu beda jauh. Dulu bahkan ada yang masih pakai mesin ketik manual, belum komputer, jadi mungkin gagap juga mereka. Tapi secara umum pelaksanaannya lancar," sebutnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Lelang Jabatan Kepala Dinas, Ridwan Kamil Libatkan KPK hingga BIN

Endi menyatakan, sebelum pelaksanaan tes tulis makalah hari ini, pihaknya telah menginformasikan terkait penulisan makalah ini.

"Sudah, pasti sebelumnya mereka (peserta) kursus (Operasionalkan Komputer) dulu selama seminggu kemarin," ucapnya.

Endi menuturkan, sebelum ujian penulisan makalah hari ini, 51 pejabat telah mengikuti mengikuti assesment di Lembaga Administrasi Negara.

Endi menyebutkan, nantinya, 51 peserta open bidding ini akan memperebutkan 8 JPTP di lingkungan Pemkab Sumedang.

Yaitu kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga; kepala Dinas Pendidikan; kepala Dinas PUPR; Kepala Bappppeda; kepala Satpol PP, Damkar dan Linmas; kepala Dinas Kesehatan, Dirut RSUD Sumedang; dan Staf Ahli di lingkungan Pemkab Sumedang. AAM AMINULLAH

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com