Pada 17 Agustus, PT KAI Gratiskan Tiket Perjalanan Kereta Api Lokal

Kompas.com - 14/08/2019, 23:44 WIB
Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan HendriwintokoKOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍ Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko

JOMBANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia ( KAI) memberlakukan tarif nol rupiah alias gratis kepada penumpang yang menggunakan jasa kereta api untuk perjalanan lokal Jawa Timur, pada Sabtu (17/8/2019) nanti.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, kebijakan promo ini, merupakan bentuk partisipasi KAI untuk menyemarakkan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia dan berlaku untuk KA Lokal atau Komuter PSO bersubsidi dan Perintis.

Disebutkan, kereta api dengan tarif nol rupiah atau gratis bagi penumpang, yakni KA Dhoho relasi Blitar - Kertosono - Surabayakota. Ini berlaku untuk perjalanan pulang-pergi (PP).


Baca juga: Lewat Tur Sejarah Jalur Kereta Api, Jabar Ingin Gaet Turis Eropa

 

Ketentuan yang sama juga berlaku untuk KA Penataran relasi Surabayakota - Malang - Blitar (PP) dan KA Penataran relasi Blitar - Surabaya Gubeng, serta KA Ekonomi Lokal relasi Kertosono - Surabayakota. 

Dikatakan Ixfan, untuk bisa menikmati fasilitas tarif nol rupiah, para penumpang diharuskan tetap memegang tiket. Tiket tersebut bisa didapatkan di Stasiun Kereta keberangkatan.

"Meski gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp 0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go show, mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: Tarif Reduksi Kereta Api: Registrasi Tak Ada Batas waktu, Syarat hingga Besaran Potongan Harga

Dijelaskan, sepanjang masih tersedia kuota atau kapasitas kursi penumpang, masyarakat masih bisa mendapatkan layanan tersebut.

Para pelanggan kereta api diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas itu dengan baik. 

"Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api," tambah Ixfan.

Sementara itu, lanjut Ixfan, bagi penumpang yang sudah memesan tiket dengan tarif normal, bisa menukarkannya dengan tiket gratis.

Pengembalian uang tiket, diberikan tenggat waktu hingga 3 hari setelah perjalanan. 

"Bea tiket tersebut bisa diambil di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 hari sejak kedatangan KA. Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket / boarding pass / e-boarding pass ke petugas di stasiun," jelas Ixfan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X