Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia ke-75, Gus Mus Mengaku Masih Terus Belajar

Kompas.com - 14/08/2019, 23:11 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Khairina

Tim Redaksi


SEMARANG, KOMPAS.com - Ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah, KH Mustofa Bisri atau Gus Mus mengatakan, media sosial dapat dijadikan sebagai salah satu tempat untuk menimba ilmu. Hal itu karena media sosial juga banyak berisi orang pandai dan orang baik.

"Saya ini aktif di media sosial. Facebook aktif Instagram punya, follower saya 2 juta lebih. Niat saya itu silaturahmi dan menimba ilmu," kata Gus Mus dalam kegiatan "75 Tahun Gus Mus: Persembahan Sahabat dan Santri untuk Kiaiku" di Sam Poo Kong, Semarang, Rabu (14/8/2019) malam.

"Sosial media itu sangat banyak orang-orang yang pandai, orang alim dari berbagai disiplin ilmu. Pak Mahfud misalnya di bidang hukum," tambah pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin ini.

Baca juga: Gus Mus Tak Sangka Jokowi Pilih Kiai Maruf Amin Jadi Cawapres

Di usia yang ke-75, Gus Mus mengaku masih terus belajar. Ia mengaku tidak pernah mengenyam pendidikan formal.

Ketika kecil, Gus Mus belajar di sekolah rakyat (SR). Kemudian di tingkat SMP, Gus Mus masuk ke sekolah agama (madrasah). Itu pun setengah jalan.

"Kelas 1 MTs itu drop out. Pendidikan saya kacau, maka strategi saya, orang yang saya ajak kenalan dijadikan sebagai guru," tambahnya.

Baca juga: Ganjar: Itu Puisi 1987, Gus Mus yang Baca, Kenapa Ribut Sekarang?

Dijelaskan Gus Mus, semua orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Seseorang pasti punya ilmu atau keunggulan yang dapat dipelajari.

Dalam kesempatan ini, Gus Mus berterima kasih kepada salah satu gurunya di sekolah rakyat. Namanya Rifai.

"Guru saya yang langsung mengajari saya dicari-cari tidak ada, hanya satu guru sekolah rakyat dan saya minta untuk dihadirkan di sini. Saya ingin mengucapkan terima kasih. Namanya Pak Rifai. Ini guru saya yang formal satu-satunya," tambahnya.

Sejumlah tokoh hadir dalam perayaan ulang tahun Gus Mus, antara lain Mahfud MD, Ganjar Pranowo, Susi Pudjiastuti, Sudhamek, serta sejumlah seniman dan budayawan tanah air. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com