Ramai Tanaman Bajakah, dari Pedalaman Kalimantan hingga Diklaim Sembuhkan Kanker

Kompas.com - 14/08/2019, 18:30 WIB
Ekslusif AIMAN yang ditayangkan Kompas TV, Senin (12/8/2019) malam mengenai tanaman bajakah yang diklaim menyembuhkan kanker.KOMPAS TV Ekslusif AIMAN yang ditayangkan Kompas TV, Senin (12/8/2019) malam mengenai tanaman bajakah yang diklaim menyembuhkan kanker.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Tanaman Bajakah yang diklaim dapat menyembuhkan penyakit kanker menyita perhatian publik.

Tiga orang siswa SMAN 2 Palangkaraya yang meneliti tanaman dari hutan pedalaman Kalimantan Tengah ini bahkan menyabet medali emas dalam ajang World Invention Creativity Olympic di Korea Selatan pada 28 Juli 2019 silam.

Studi dilakukan setelah ada informasi dari Yazid, salah satu orang yang menyampaikan bahwa keluarganya sembuh dari kanker stadium lanjut setelah mengonsumsi rebusan air tanaman ini.

Mereka menguji khasiat tanaman bajakah melalui media tikus.


Tikus disuntikkan sel kanker dan muncul benjolan-benjolan yang menandakan tikus telah terpapar sel kanker. Setelah itu, senyawa dari kayu bajakah disuntikkan ke tikus tersebut.

Hasilnya, benjolan pada tikus mengecil dalam waktu dua bulan dan satu bulan berikutnya, benjolan hilang tak bersisa.

Baca juga: Cerita Peneliti Terperangah Saat Tahu Kayu Bajakah Mampu Sembuhkan Kanker

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Prof Dr dr Aru Sudoyo mengatakan, klaim bajakah dapat menyembuhkan kanker dibutuhkan pengujian lebih lanjut, bukan hanya uji coba terhadap tikus.

"Karena uji coba terhadap tikus dan manusia itu berbeda," kata Aru.

Aru menuturkan, obat yang dipastikan dapat menyembuhkan kanker manusia harus berhasil melewati sejumlah fase uji klinis terhadap manusia terlebih dahulu.

Dikabarkan Cancer Research UK (13/2/2019), terdapat 5 fase uji klinis kanker pada manusia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X