Taman Nasional Tesso Nilo di Riau Terbakar, Gajah Sumatera Masih Aman

Kompas.com - 14/08/2019, 11:47 WIB
Perseonel Polres Pelalawan memadamkan di api di kawasan TNTN di Kabupaten Pelalawan, Riau, Kamis (8/8/2019). Dok. Polres Pelalawan IDONPerseonel Polres Pelalawan memadamkan di api di kawasan TNTN di Kabupaten Pelalawan, Riau, Kamis (8/8/2019). Dok. Polres Pelalawan

PEKANBARU, KOMPAS.com - Lebih kurang sepekan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) melanda kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Kabupaten Pelalawan, Riau.

Bagaimana kondisi gajah Sumatera yang ada di dalamnya?

Kawasan TNTN salah satunya berfungsi sebagai habitat asli satwa endemik gajah sumatera (elephas maximus sumatranus). Kemudian juga ada habitat harimau sumatera, tapir, beruang dan sebagainya.

Namun, kawasan konservasi itu kini mengalami kebakaran dan kabut asap menyebar di hutan dan permukiman warga di sekitar lokasi.

Kepala Balai TNTN Halasan Tulus memastikan bahwa gajah sumatera liar yang ada di TNTN dalam kondisi aman.

Tetapi, ada delapan gajah sumatera jinak dikamp Flying Squad yang dipindahkan ke tempat yang lebih aman, karena kabut asap cukup pekat di lokasi.

Baca juga: Menteri LHK Sebut Karhutla di Taman Nasional Tesso Nilo Sudah Parah

"Kita ada memelihara delapan ekor gajah jinak binaan Balai TNTN. Memang kita pindahkan ke tempat yang lebih aman betul. Tapi seperti biasanya kita bawa ngangon juga. Karena di dalam hutan kita juga tanam tanaman pakan untuk mereka (gajah)," kata Halasan saat dihubungi Kompas.com via telepon, Rabu (14/8/2019).

Delapan gajah jinak ini, kata dia, digunakan untuk menangani konflik gajah liar yang masuk ke kebun masyarakat. Selain itu juga digunakan untuk atraksi hiburan bagi pengunjung wisatawan.

"Saat ini kondisi delapan gajah jinak sehat-sehat semua. Gemuk-gemuk," imbuh Halasan.
Sementara untuk kondisi gajah liar, dia mengaku saat ini dalam kondisi aman. Sebab, kebakaran tidak sampai ke zona inti TNTN.

"Yang terbakar di TNTN itu bukan di hutan. Tapi cuma semak-semak belukar di pinggirnya yang sudah dirambah. Dan gajah liar posisinya di hutan alam atau kawasan inti. Sampai sekarang belum ada terbakar, belum terganggu," kata Halasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X