Setelah 12 Tahun Menanti, Warga Desa di Papua Ini Akhirnya Rasakan Pembangunan

Kompas.com - 13/08/2019, 20:01 WIB
Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap Brigadir Jenderal TNI Raden Agus Abdurrauf didampingi Dandim 1710/Mimika Letkol Inf. Pio L. Nainggolan ketika meninjau pembangunan MCK.IRSUL PANCA ADITRA Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap Brigadir Jenderal TNI Raden Agus Abdurrauf didampingi Dandim 1710/Mimika Letkol Inf. Pio L. Nainggolan ketika meninjau pembangunan MCK.

TIMIKA, KOMPAS.com - Warga Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania, Mimika, Papua, kini merasa senang, setelah 12 tahun menanti akhirnya pembangunan mulai masuk di kampung mereka.

Kebahagian warga ini terpancar ketika melihat prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) ke-105 di wilayah teritorial Kodim 1710/Mimika membangun jembatan, MCK, sumur bor, dan penimbunan jalan.

Pembangunan belum sepenuhnya tersentuh di kampung yang 100 persen penduduknya orang asli Papua (OAP) asal pegunungan itu.


Dana desa yang diterima sejak tahun 2016, hanya digunakan untuk membuka akses jalan yang menghubungkan RT yang satu ke RT lainnya, serta akses jalan menuju kebun dan depan kampung.

Baca juga: Polisi Gugur Disandera KKB, Kapolda Papua: Tidak Ada Penambahan Pasukan

Membuka akses jalan memang menjadi prioritas penduduk kampung agar mereka tidak terisolir, meski kampung ini berada di sekitar Kota Timika.

"Kami terima dana desa 2016 itu untuk buka akses jalan," kata Kepala Kampung Mandiri Jaya Natalis Weya.

Penduduk kampung ini merupakan eksodus dari Distrik Kwamki Narama pada tahun 2006  -2007 dikarenakan terjadi perang suku.

Mereka memilih keluar dari distrik tersebut karena tidak mau terlibat dalam pertikaian.

Mereka pun membuka perkampung baru, setelah mendapatkan izin dari pemilik hak ulayat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X