Unjuk Rasa, PKL Ingin Melantunkan Azan untuk Anggota DPRD agar Tak Dengar Bisikan Setan

Kompas.com - 13/08/2019, 12:54 WIB
Mahasiswa dan PKL yang menggelar aksi unjukrasa pelantikan anggota DPRD Garut, terlibat aksi saling dorong dengan aparat kepolisian, Selasa (13/08/2019) ARI MAULANA KARANGMahasiswa dan PKL yang menggelar aksi unjukrasa pelantikan anggota DPRD Garut, terlibat aksi saling dorong dengan aparat kepolisian, Selasa (13/08/2019)

GARUT, KOMPAS.com — Pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Garut, Jawa Barat, masa bakti 2019-2024 yang digelar, Selasa (13/08/2019), di gedung DPRD Garut diwarnai aksi unjuk rasa dua kelompok massa, yaitu massa pedagang kaki lima (PKL) dan kelompok gabungan organisasi mahasiswa.

Kedua kelompok berusaha mendekati gedung DPRD Garut di Jalan Patriot melalui Jalan Terusan Pembangunan. Namun, aparat keamanan gabungan menyekat massa di Jalan Terusan Pahlawan, samping kantor DPRD Garut.

Aksi dorong-mendorong antarpeserta aksi dengan aparat keamanan pun tidak terhindarkan.


Mobil pengeras suara yang dibawa kelompok PKL sempat mendorong maju meski aparat keamanan menempel ketat mobil tersebut. Akibatnya, aparat keamanan pun langsung memaksa mobil tersebut berhenti.

Baca juga: Rapat Pleno KPU Tetapkan Gerindra Dapat Kursi Paling Banyak di DPRD Jabar

Ketua Lembaga Pedagang Kaki Lima Garut (LPKLG) Tatang mengungkapkan, para PKL berunjuk rasa karena tempat mereka berdagang di Jalan Ahmad Yani, Garut Kota, ditertibkan. Akibatnya, PKL tidak bisa berdagang kembali.

“Kami juga ingin mengazani anggota DPRD Garut yang baru, seperti bayi yang baru lahir, agar tidak mendengar bisikan-bisikan setan,” katanya kepada wartawan.

Menurut Tatang, para pedagang berharap pemerintah mau mengajak bicara para pedagang jika memang akan ada penempatan baru.

Sebab, pembangunan gedung bagi PKL yang telah disiapkan Pemkab Garut dan prosesnya tanpa mengajak bicara PKL.

“Seperti tidak ada perencanaan pembangunannya, ajak kami bicara juga untuk solusinya,” katanya.

Halaman:


komentar di artikel lainnya
Close Ads X