Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Jalur Evakuasi Erupsi Gunung Slamet Rusak

Kompas.com - 13/08/2019, 12:09 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Kondisi sebagian jalan untuk jalur evakuasi erupsi Gunung Slamet di wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, rusak.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (13/8/2019), kerusakan terparah dijumpai di jalan utama Sikapat-Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas dengan panjang sekitar 2 kilometer.

Permukaan aspal pada beberapa titik mengelupas dan berlubang. Jalur evakuasi paling timur tersebut telah rusak sejak beberapa bulan lalu.

Sedangkan untuk jalur utama Baturraden, kondisinya baik. Begitu juga dengan jalur evakuasi sisi barat yang masuk wilayah Kecamatan Kedungbanteng.

Baca juga: Status Gunung Slamet Waspada, Sejumlah Rambu Jalur Evakuasi Malah Rusak dan Hilang

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas Ariono mengatakan, telah mengusulkan perbaikan jalan yang rusak ke dinas terkait.

Adapun Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas Irawadi aat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tengah menginventarisasi kondisi jalan yang digunakan sebagai jalur evakuasi warga.

"Kami sedang inventarisasi, jalan-jalan mana saja yang perlu perbaikan, termasuk yang jalan Sikapat-Gandatapa," kata Irawadi saat dihubungi, Selasa.

Baca juga: Dosen Unsoed: Aktivitas Gunung Slamet yang Meningkat Bisa Jadi Potensi Wisata

Perbaikan jalan akan menggunakan anggaran pemeliharaan rutin. Pemkab Banyumas telah menambah anggaran pemeliharaan rutin dalam APBD Perubahan sebesar Rp 2,5 miliar.

"Penanganan akan menggunakan anggaran pemeliharaan rutin, karena kalau anggaran pembangunan sudah diplot-plot di beberapa lokasi," ujar Irawadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com