Slamet, Warga Nasrani di Gunungkidul yang Ikut Memotong Daging Kurban

Kompas.com - 11/08/2019, 15:02 WIB
Slamet Riyanto (60) (Kaos Putih) Warga Rt 02 Dusun Jeruksari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, ikut Membantu Memotong daging yang sudah disembelih Minggu (11/8/2019) MARKUS YUWONOSlamet Riyanto (60) (Kaos Putih) Warga Rt 02 Dusun Jeruksari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, ikut Membantu Memotong daging yang sudah disembelih Minggu (11/8/2019)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Slamet Riyanto (60) warga di Dusun Jeruksari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, datang ke Mushala Al Haadi di RT 02, Minggu (11/8/2019).

Meski sebagai pemeluk Nasrani, Slamet ikut mempersiapkan penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat Muslim yang merayakan Idul Adha.

Setelah melaksanakan shalat, seluruh warga berkumpul di Mushala.

Sebagian laki-laki termasuk Slamet menyiapkan lokasi penyembelihan dan pemotongan daging.

Setelah beberapa hewan kurban disembelih, mereka membaur dengan warga lainnya untuk ikut memotong dua ekor sapi yang merupakan hasil iuran warga.

Sambil bersenda gurau, mereka memotong dan menimbang daging kurban di halaman Mushala. 

Sementara itu, para ibu-ibu menyiapkan makanan untuk dinikmati bersama.

Mereka memasak sayur asem, orek tempe, sambel, dan tongseng daging untuk makan siang.

"Jam 08.00 WIB shalat Idul Adha, kami (umat Nasrani) mempersiapkan tempat peralatan biasa saja langsung kerja sama, ambyur bareng," kata Slamet saat ditemui di sela memotong daging kurban di Mushala Al Haadi, Minggu.

Baca juga: Cerita Wico, Petugas PLN yang Siaga Demi Listrik Menyala di Momen Idul Adha

Di wilayah tersebut ada 5 kepala keluarga yang memeluk agama Kristen. Bersama 33 kepala keluarga lainnya, mereka sudah terbiasa bekerja sama sejak beberapa tahun lalu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X