Warga Non-Muslim di Aceh Tengah Juga Kebagian Jatah Daging Kurban

Kompas.com - 11/08/2019, 14:00 WIB
Proses pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Al-Asyhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/8/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Proses pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Al-Asyhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/8/2018).

TAKENGON, KOMPAS.com - Perayaan Idul Adha 1440 Hijriah tidak terlepas dari semangat gotong royong dan kebersamaan antara warga di setiap tempat perayaan tersebut digelar.

Hal itu yang tampak di kompleks Masjid Raudhatul Jannah, Kampung Blang Kolak I, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Minggu (11/8/2019).

Ratusan pemuda dan paruh baya tampak sibuk menyembelih dan memotong hewan kurban di halaman masjid tersebut.

"Bagi kami masyarakat Blang Kolak I, ini adalah semangat gotong royong yang rutin dilakukan pada peringatan hari keagamaan," kata Defri, Ketua Panitia Kurban pada Perayaan Idul Adha 1440 Hijriah di kampung tersebut, di sela penyembelihan hewan kurban.


Baca juga: 6 Sapi dan 11 Kambing, Hewan Kurban Raffi Ahmad untuk Keluarga dan Karyawan

Sekitar 160 orang yang terlibat penyembelihan dan pemotongan hewan kurban berasal dari tujuh dusun di kampung itu.

"Ada empat orang tengku atau tokoh agama yang kami libatkan dalam penyembelihan hewan kurban, sementara tiga kelompok kerja dari setiap dusun kami ajak bekerjasama dalam memotong hewan kurban," sebut Defri.

Dalam kesempatan itu hewan kurban yang disembelih berjumlah 20 ekor, terdiri dari 11 ekor kerbau, 3 ekor lembu dan 5 ekor kambing

Hewan yang disembelih itu, sambung Defri, berasal dari sumbangan puluhan warga, baik kelompok umum dan khusus sumbangan dari satu keluarga.

"Kami mengumpulkan warga yang ingin menyumbang hewan kurban selama 15 hari, setelah dikelompokkan tujuh orang untuk satu ekor kerbau atau lembu, barulah kemudian kita buat jadwal dan melakukan penyembelihan," lanjut dia.

Baca juga: Ada Sapi Kurban dari Jokowi, Gubernur, Wali Kota, Masjid SMB Palembang Bagikan 1.500 Kupon Daging

Abdul Azis, salah seorang pengurus Masjid Raudhatul Jannah Blang Kolak I menambahkan, pembagian daging kurban warga didasarkan pada kelompok, yakni kelompok perserta kurba, fakir miskin dan kelompok umum.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X